Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Anies Positif Gagal Nyapres, Demokrat Resmi Hengkang

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim Anies gagal mencalonkan diri sebagai calon Presiden konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1693029414.305335/singlefile.html

====
[NARASI]: “POSITIF ANIES GAGAL NYAPRES – DEMOKRAT RESMI HENGKANG”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Pilihan Rakyat” mengunggah video dengan klaim bahwa Anies Baswedan positif gagal menjadi calon Presiden dan Demokrat resmi hengkang dari koalisi. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Lebih lanjut narator hanya membacakan narasi dari detik.com yang berjudul “Andi Arief: Demokrat Hanya akan Hengkang Jika Koalisi Perubahan Bubar” pada 12 Agustus 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait gagalnya Anies menjadi bakal calon Presiden dan hengkangnya Partai Demokrat dari koalisi. Dikutip dari detik.com Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief menegaskan bahwa Partai Demokrat tidak pernah berpikir akan hengkang dari koalisi, terpikir pun tidak.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/pemilu/d-6872426/andi-arief-demokrat-hanya-akan-hengkang-jika-koalisi-perubahan-bubar
[2] https://www.antaranews.com/berita/3599868/hoaks-anies-gagal-nyapres-karena-demokrat-keluar-koalisi-pada-17-juni

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *