Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Berita “Presiden Cina Xi Jinping Tetapkan Hari Kematian Fat Cat Jadi Hari Lelaki Setia Sedunia”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut. Tangkapan layar berita yang dijadikan bukti dalam postingan tersebut telah dimanipulasi dari tangkapan layar dengan judul yang berbeda.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/3RfVCgJ

= = =

Narasi:

“Presiden Cina Xi Jinping menetapkan hari kematian Fat cat akan menjadi hari lelaki setia sedunia.”

“#ripfatcat:broken_heart: #fatcat”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Sebuah postingan di TikTok membagikan tangkapan layar berita dari Tommy Patrio Sorongan, Reporter CNBC Indonesia dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden China Xi Jinping menetapkan hari kematian Fat Cat menjadi hari lelaki setia sedunia.

Diketahui Fat Cat adalah nama panggung dari seorang gamer asal China, Liu Jia, yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri setelah putus dari pacarnya. Kasus Fat Cat ini ramai diperbincangkan setelah saudara perempuannya di media sosial menyebut bahwa Fat Cat bunuh diri karena patah hati dan menuduh mantan pacarnya telah menipu dia.

Namun setelah ditelusuri klaim Xi Jinping menetapkan hari kematian Fat Cat menjadi hari lelaki setia sedunia tidak mendasar, faktanya tangkapan layar berita yang dijadikan bukti dalam postingan TikTok tersebut merupakan hasil manipulasi.

Artikel asli yang ditulis oleh Tommy Patrio Sorongan yang terpublikasi di CNBC Indonesia pada 7 Mei 2024 pukul 19.30 berjudul “Pertemuan Langsung Xi Jinping & Macron Terjadi, Ada Apa China-Prancis?” tidak ada kaitannya dengan kasus Fat Cat. Sedangkan foto Xi Jinping yang digunakan dalam tangkapan palsu tersebut telah lama terpublikasi pada artikel berita Reuters sejak Juni 2016.

Dengan demikian, artikel berita tentang Presiden China menetapkan hari kematian Fat Cat sebagai hari lelaki setia sedunia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34TC2LY

https://www.kompas.com/tren/read/2024/05/22/093000665/soal-kasus-fat-cat-di-china-polisi-sebut-mantan-pacar-tidak-bersalah?page=all

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240507174151-4-536480/pertemuan-langsung-xi-jinping-macron-terjadi-ada-apa-china-prancis

https://www.reuters.com/article/idUSKCN0Z50EM

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *