Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Foto “Banyak orang yang pingsan di mall terbesar di Jakarta karena mengantri untuk membeli jam tangan pintar”

Informasi yang salah. Foto itu adalah foto ketika suporter Malaysia pingsan karena berdesakan saat membeli tiket nonton final leg pertama Piala AFF 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Maia_Estianty (fb.com/100093510931701) pada 4 Juni 2023 mengunggah beberapa foto yang salah satunya menampilkan beberapa orang yang pingsan dengan narasi sebagai berikut:

“Mengerikan… Banyak orang yang pingsan di mall terbesar di Jakarta. Ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar yang didatangkan dari Jepang ini.”

Sumber: archive.ph/AlTkp (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto menampilkan beberapa orang yang pingsan yang diklaim pingsan karena mengantri untuk membeli jam tangan pintar di mall terbesar di Jakarta merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto ketika suporter Malaysia pingsan karena berdesakan saat membeli tiket nonton final leg pertama Piala AFF 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Foto yang identik, salah satunya dimuat di artikel berjudul “CĐV Malaysia ngất xỉu, nằm la liệt bên đường khi xếp hàng mua vé chung kết AFF Cup” (Terjemahan: Suporter Malaysia pingsan, tergeletak di pinggir jalan saat mengantri membeli tiket final Piala AFF) yang terbit di situs doisongphapluat.com pada 9 Desember 2018.

Dilansir dari artikel ini, sejak malam 8 Desember 2018, ribuan suporter Malaysia mengantre untuk membeli tiket menyaksikan leg pertama final Piala AFF 2018 antara tuan rumah dan tim Vietnam. Sekitar 40.000 tiket terjual di Stadion Bukit Jalil mulai pukul 10 pagi pada 9 Desember. Tepat waktu membuka penjualan tiket, antrean orang yang saling berdesak-desakan sudah tak lagi mengantri, berbeda dengan yang baru saja terjadi tertib beberapa jam lalu. Mereka yang antri di depan tidak bisa membeli tiket karena arus orang dari belakang. Tekanan yang berlebihan menyebabkan banyak orang pingsan, digendong, dibawa ke rumah sakit.

Klaim tersebut merupakan modus operandi iklan yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.doisongphapluat.com/cdv-malaysia-ngat-xiu-nam-la-liet-ben-duong-khi-xep-hang-mua-ve-chung-ket-aff-cup-a254362.html
https://turnbackhoax.id/2023/04/14/salah-akun-facebook-maia-estianty-distributor-eksklusif-jam-tangan-pintar-di-indonesia/

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *