Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gunung Krakatau Erupsi pada 23 Februari 2023 Lampung Langsung Gelap Gulita

Published

on

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Unggahan video yang mengklaim bahwa Gunung Krakatau erupsi pada 23 Februari 2023 hingga menyebabkan lampung gelap gulita merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul  “Gunung Anak Krakatau Meletus Lagi, Jangan Mendekati Radius 5 Kilometer dari Kawah”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/GJDuzI0LSAY

=======

[NARASI]: “Musnah…. KRAKATAU ERUPSI LAGI,GUMPALAN AWAN PANAS BEGITU MENYERAMKAN LAMPUNG LANGSUNG GELAP GULITA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 23 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Gunung Krakatau erupsi dan mengeluarkan gumpalan awan panas hingga Lampung langsung gelap gulita.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh JPNN.com yang berjudul “Gunung Anak Krakatau Meletus Lagi, Jangan Mendekati Radius 5 Kilometer dari Kawah”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi erupsi Gunung Krakatau hingga menggelapkan Lampung.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 03 Desember 2024. Gunung Anak Krakatau tersebut erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari puncak gunung api aktif tersebut. PVMBG menghimbau masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Gunung Krakatau erupsi pada 23 Februari 2023 hingga menyebabkan lampung gelap gulita merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya,  fenomena tersebut terjadi pada 03 Desember 2024.

=======

[REFERENSI]: 

https://www.jpnn.com/news/gunung-anak-krakatau-meletus-lagi-jangan-mendekati-radius-5-kilometer-dari-kawah#google_vignette

themes: natural disaster, tools: mixed, sc: yt, tc: fear, fu: fc, evidence: video, scope: domestic, actors: citizen

Sumber asli: https://www.youtube.com/watch?v=GJDuzI0LSAY

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *