Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Indonesia dan 26 Negara Putuskan Keluar dari FIFA

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Hingga saat ini, Indonesia masih tercatat sebagai anggota FIFA dan dapat dicek di situs resmi FIFA. Negara Liga Arab yang disebut dalam video juga masih menjadi anggota FIFA.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1680874258.564424/singlefile.html (Facebook)

=====

[NARASI]: “FIFA Kaget:exclamation:Indonesia & 26 Negara Putuskan Keluar Dari FIFA Langsung Gabung KONIFA! No Standar Ganda”

=====

[PENJELASAN]:

Video dengan klaim Indonesia dan 26 negala lainnya putuskan keluar dari FIFA beredar setelah pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Video ini beredar di media sosial Facebook dan sudah ditonton lebih dari 600 ribu kali.

Dalam video disebutkan bahwa Liga Arab mengancam akan membekukan diri dari FIFA karena batal menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Narator dalam video menyebutkan nama Presiden Liga Arab Nabil El-Arabi, yang mengancam akan membekukan diri dari FIFA. Namun faktanya, Nabil El-Arabi bukanlah Presiden Liga Arab saat ini.

Narator dalam video juga menyampaikan pendapat tentang aksi tentara Israel di Liga Palestina. Namun, narasi tersebut identik dengan artikel opini yang diunggah di Buddyku.com dengan judul “FIFA dan AFC Masih Bungkam Setelah Tentara Israel Lakukan Aksi Brutal di Final Piala Liga Palestina”.

Artikel tersebut mempertanyakan tanggapan FIFA dan AFC yang tidak menanggapi adanya serangan gas air mata dari tentara Israel di Stadion Faisal Al-Husseini.

Dikutip dari Kompas, narator sempat menyebutkan pendapat dari pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie. Inti dari pendapat Connie ialah agar masyarakat Indonesia tetap bersemangat meski batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Pendapat tersebut dimuat di laman TV One News yang diunggah pada 31 Maret 2023 dengan judul “Piala Dunia U-20 Indonesia Batal, Connie: Bikin FIFA Tandingan!”

Setelah dilakukan penelusuran melalui situs resmi CONIFA, Indonesia tidak termasuk anggota organisasi sepak bola multinasional tersebut. Indonesia masih tercatat sebagai anggota FIFA dan dapat dicek di situs resmi FIFA. Negara Liga Arab, seperti Bahrain, Djibouti, Libya, Lebanon, Mauritania, Maroko, Oman, Qatar, Tunisia, Kuwait, Mesir, dan lainnya juga masih menjadi anggota FIFA.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *