Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Jackie Chan Berobat ke Ibu Ida Dayak

Published

on

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.
Unggahan video yang mengklaim bahwa aktor Jackie Chan mendatangi Ibu Ida Dayak untuk berobat merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada satu pun pernyataan maupun pemberitaan resmi terkait klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1681455543.884766/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Ibu Ida Dayak Terkejut Dengan Kedatangan Jackie Chan Secara Tiba-Tiba”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube SEPUTAR BERITA INDONESIA (https://www.youtube.com/@seputarberitaindonesia7673) pada 5 April 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa aktor laga asal Hongkong, Jackie Chan, mendatangi Ibu Ida Dayak untuk melakukan pengobatan alternatif. Dalam narasi disebutkan bahwa Chan mengalami rasa sakit di lengan tangannya selama bertahun-tahun pascamelakoni salah satu adegan di film Armour of God. Akhirnya, Chan meminta bantuan Ibu Ida Dayak yang dikenal mampu mengobati tulang sakit dalam waktu singkat. Kurang dari 3 menit setelah Ibu Ida Dayak memulai proses pengobatan, disebutkan bahwa Chan tidak lagi merasakan nyeri di lengan tangannya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satu pun pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan tersebut.

Dikutip dari laman website REPUBLIKA (https://republika.co.id/), Chan diketahui memang pernah mengalami kecelakaan ketika syuting film Armour of God. Dalam film tersebut, terdapat adegan yang mengharuskannya melompat dari sebuah tebing ke pohon. Namun, aktor kelahiran 1954 itu terjatuh dan membuat kepalanya terbentur batu. Chan kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit karena darah terus mengalir deras dari telinganya. Ia pun dikabarkan sempat mengalami koma selama tujuh hari. Setelah kejadian itu, beruntung Chan dapat siuman dan bahkan masih mampu melakukan beragam aksi laga dalam deretan film lain.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh SEPUTAR BERITA INDONESIA merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://ameera.republika.co.id/berita/rjxt3m414/kecelakaan-saat-syuting-adegan-laga-jackie-chan-pernah-koma-tujuh-hari

https://www.insertlive.com/hot-gossip/20220203185622-7-264876/kecelakaan-saat-syuting-kepala-jackie-chan-bolong-hingga-jari-bisa-masuk

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *