Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Joe Biden Akan Mengirimkan Putra-Putri Anak Amerika Jika Kongres Tidak Mengizinkan Pemberian 61 Miliar Dolar untuk Ukraina

Published

on

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ada sumber valid yang membuktikan bahwa Joe Biden menyatakan akan mengirim putra-putri Amerika jika kongres tidak mengizinkan pemberian $61 Miliar untuk Ukraina. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/UQ7P-KVN3

= = =

Narasi:

“Yes you’re hearing this correctly. Biden now threatening to send American sons and daughters over there if Congress doesn’t pass $61 billion for Ukraine.”

Terjemahan:

““Ya, kamu mendengarnya dengan benar. Biden sekarang mengancam akan mengirim putra dan putri Amerika ke sana jika Kongres tidak menyetujui $61 miliar untuk Ukraina.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi bahwa Joe Biden akan mengirimkan pasukan dari putra-putri dari warga Amerika ke Ukraina jika kongres tidak menyetujui pemberian $61 Miliar kepada Ukraina. Diketahui seperti yang dilansir dari AFP, Gedung Putih meminta izin untuk paket keamanan nasional sebesar $106 Miliar kepada kongres, dan $61 Miliar di antaranya untuk Ukraina.

Namun setelah ditelusuri, klaim Joe Biden akan mengirim putra-putri Amerika ke Ukraina tidak mendasar. Sebelumnya, hasil penelusuran oleh pemeriksa fakta Mafindo menunjukkan bahwa Joe Biden tidak menyebutkan pengiriman pasukan dari putra-putri Amerika, melainkan hanya memberikan pelatihan penting, peralatan, serta bantuan senjata yang diperukan untuk membantu Ukraina mempertahankan dan merebut kembali wilayah kedaulatannya dan melindungi rakyat Ukraina dari agresi Rusia.

Dilansir dari AFP, pada pertemuan Joe Biden dengan presiden Ukraina di Washington pada 12 Desember 2023 bahwa pemerintah Amerika berjanji akan terus memasok senjata dan peralatan penting kepada Ukraina, tanpa menyebut pengerahan pasukan. Tidak ditemukan juga sumber lain yang membenarkan pengerahan pasukan dari putra-putri Amerika.

Dengan demikian, Joe Biden akan mengerahkan putra-putri Amerika jika kongres tidak menyetujui $61 Miliar kepada Ukraina adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.whitehouse.gov/briefing-room/statements-releases/2023/12/29/statement-from-president-joe-biden-on-russias-aerial-assault-on-ukraine/

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.349K88P

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *