Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] MAHFUD MD ENDUS KONGKALIKONG FIRLI & ANIS, PANTAS FORMULA E TIDAK DIUSUT

Published

on

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan gabungan beberapa video yang diedit dengan narasi yang tidak sesuai. Faktanya, KPK sudah meminta keterangan dari Anies Baswedan terkait terkait penyelenggaraan Formula E.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1677645762.623905/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
M4HFUD MD 3NDUS K0NGK4LIKONG FIRLI & ANIS P4NTAS F0RMULA E G4K DI USVT

= = = = =

Penjelasan :

Akun Facebook Lavolda mengunggah video dengan tumbnail liputan dari BBC NEWS yang berjudul: “HASIL AUDIT KPK PALSU !! ISTANA BERHASIL ENDUS KONGKALIKONG ANIS & FIRLI” pada tanggal 15 Februari 2023 pukul 18:59. Postingan tersebut disertai keterangan unggahan dengan narasi: “M4HFUD MD 3NDUS K0NGK4LIKONG FIRLI & ANIS P4NTAS F0RMULA E G4K DI USVT”.

Penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan dari beberapa video yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan. Video pertama yang dicuplik adalah video yang identik dengan liputan wawancara Agus Rahardjo sebagai Ketua KPK saat itu yang diunggah oleh akun Youtube BeritaSatu dengan judul: “Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, KPK Kembalikan Penyidik ke Polri” pada 31 Oktober 2017.

Video kedua yang dicuplik adalah video Menko Polhukam Mahfud MD yang meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menuntaskan kasus-kasus dugaan korupsi yang saat ini masih menggantung. Video tersebut diunggah oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 23 Juni 2020 dengan judul: “Mahfud MD: KPK Jangan Terlalu Banyak Menggantung Kasus”.

Cuplikan video lainnya sebenarnya merupakan video liputan dari KOMPASTV yang diunggah pada tanggal 10 Agustus 2020. Video tersebut meliput kunjungan kerja Ketua KPK Firli Bahuri di Polda Lampung. Hal ini setelah Lampung menjadi daerah dengan kasus korupsi yang berakhir lewat operasi tangkap tangan atau OTT yang melibatkan banyak kepala daerah. KPK mencatat Provinsi Lampung berada pada urutan ke 8, dari 10 daerah dengan kasus tindak pidana korupsi tertinggi se Indonesia dalam kurun waktu 2004 – 2019.

Dilansir dari liputan KOMPASTV, Anies Baswedan hadir di KPK untuk memberikan keterangan terkait penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni 2022.

= = = = =

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=1SZvz8Igdhg
https://www.youtube.com/watch?v=90uU4k0PKQc
https://www.youtube.com/watch?v=QgJhj25t9Tw
https://www.youtube.com/watch?v=W8ra3OAkBt0&t=9s

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *