Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] MPR dan DPR Resmi Deklarasikan Anies – AHY Gantikan Jokowi

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi valid mengenai deklarasi Anies – AHY sebagai presiden dan wakil presiden untuk gantikan Joko Widodo. Narasi pada video justru membahas peluang keberhasilan jika Anies menggandeng AHY pada Pemilu 2024 mendatang.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694082289.344839/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “RAKYAT BERSORAK GEMBIRA! PAGI INI MPR & DPR RESMI DEKLARASIKAN ANIES & AHY JD PRESIDEN GANTIKAN JKW!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim MPR dan DPR deklarasikan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk menggantikan Presiden Joko Widodo. Klaim tersebut didukung dengan gambar pratinjau yang menunjukkan suasana ruang sidang DPR yang menghadirkan Anies Baswedan bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR Puan Maharani. Selain itu, terdapat juga gambar dengan latar belakang deklarasi Anies Baswedan untuk menjadi presiden.

Namun gambar pratinjau tersebut dapat dipastikan merupakan hasil suntingan. Pada gambar Anies bersama Bambang dan Puan memiliki latar belakang dan pencahayaan yang berbeda. Sedangkan gambar dengan latar belakang deklarasi Anies dilakukan oleh Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan, yang dilakukan pada 20 oktober 2021.

Setelah menonton kesluruhan video, tidak ada informasi yang valid mengenai klaim yang dituliskan pada video. Narator membacakan ulang artikel yang diunggah Suara Sumut dengan judul “Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres 2024 Jika Duet dengan Sosok Ini” dan artikel Vox Timur dengan judul “Prediksi Pengamat, Jika Duet Anies dan AHY Akan Seperti SBY-JK di Pilpres 2004”.

Kedua artikel tersebut berisi tentang pandangan pengamat politik yang menyebut Anies Baswedan dinilai berpeluang untuk memenangkan Pilpres 2024 jika duet dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya harus membuat sejumlah langkah yang matang. Apalagi Anies dan AHY dinilai sama-sama memiliki bekal yang cukup.

Namun baru-baru ini Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk menghadapi Pemilu 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, pada 2 September 2023.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *