Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Partai Demokrat Merapat ke PDIP dan Siap Menangkan Ganjar

Published

on

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Partai Demokrat telah bergabung dengan PDIP untuk memenangkan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat telah menegaskan bahwa Demokrat akan tetap solid untuk mendukung Prabowo-Gibran.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20240104102234/http://web.archive.org/screenshot/https://www.tiktok.com/@r4kyatjelata/video/7277102990455065862 (TikTok)

=======

[NARASI]: “Anies Langsung Mewek!! Nyesal Hianati Demokrat | SBY-AHY Gabung PDIP Siap Menangkan Ganjar 2024, Ahy Siap Balaskan Dendam Kepada Surya Paloh dan Anies”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @r4kyatjelata mengunggah video dengan klaim bahwa Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), merapat ke PDI Perjuangan untuk mendukung dan mengupayakan kemenangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya SBY menegaskan bahwa Partai Demokrat tetap solid berada di Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Prabowo-Gibran.

Sumber: Detik Jatim

SBY juga membantah bahwa ada petinggi Demokrat yang mendukung Ganjar-Mahfud usai menghadiri acara internal Partai Demokrat di Semarang.

Terkait sikap Forum Komunikasi Lintas Pendiri Demokrat Kader (FKLPDK) yang mencabut dukungan untuk Prabowo-Gibran dan beralih mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud, SBY mengatakan bahwa forum tersebut tidak mewakili siapapun. Bahkan SBY juga menyatakan tidak pernah merestui forum tersebut.

Sumber: CNN Indonesia

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @r4kyatjelata merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7047637/sby-blak-blakan-alasan-dirinya-mau-all-out-dukung-prabowo-di-pilpres-2024

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231201144532-617-1031597/sby-respons-forum-pendiri-demokrat-cabut-dukungan-untuk-prabowo

//www.tiktok.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *