Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Pertolongan Pertama Serangan Jantung dengan Menepuk Lengan Tengah

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) telah menegaskan bahwa tindakan menepuk lengan untuk mengatasi serangan jantung adalah tidak benar. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan dengan melakukan pijat jantung dengan kedua tangan saling bertumpu di tengah-tengah dada pasien untuk memicu peningkatan aliran darah ke jantung. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

https://archive.cob.web.id/archive/1718335703.416098/index.html

= = =

Narasi:

“apabila serangan jantung terjadi bisa lakukan pertolongan pertama ini yaitu tepuk kuat lengan pada bagian tengah tangan yang bermanfaat meningkatkan suhu dan menghindari terjadinya penggumpalan darah serta memperlancar sirkulasi darah karena serangan jatung terjadi disebabkan adanya peredaran yang terhambat”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di YouTube membagikan tips bahwa pertolongan pertama serangan jantung dapat dilakukan dengan menepuk kuat lengan bagian tengah.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut merupakan hoaks lama yang sudah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo sejak 2019. Berdasarkan penelusuran tersebut, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) menegaskan bahwa tindakan pada pasien serangan jantung tersebut tidak benar.

PERKI menjelaskan bahwa serangan jantung adalah kegawatdaruratan yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah secara mendadak ke jantung. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan dengan melakukan pijat jantung dengan kedua tangan saling bertumpu di tengah-tengah dada pasien untuk memicu peningkatan aliran darah ke jantung hingga pasien mendapatkan bantuan dari paramedis.

Dilansir dari AFP, Christiane Tiefenbacher, dokter kepala di klinik kardiologi dan kedokteran vaskular Marien-Hospital Wesel, Jerman menyebut bahwa instruksi semacam menepuk lengan tengah atau siku bagian dalam untuk pertolongan pertama serangan jantung tidak memiliki bukti ilmiah, tindakan tersebut dapat mengancam nyawa pasien.

Dengan demikian, pertolongan pertama serangan jantung dengan menepuk lengan bagian tengah adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.33EB9VR

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *