Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] TANGIS SBY PECAH SEKETIKA !! MENDENGAR HARRY T UNGKAP PERAN YANG SEBENARNYA !!

Published

on

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan gabungan video pernyataan Antasari Azhar yang meminta SBY jujur atas kasus yang membuatnya dipenjara selama delapan tahun dan pernyataan dari SBY yang menanggapi pernyataan Antasari Ashar. Video tersebut digabung dan diberi narasi yang tidak sesuai.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1677645470.355471/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
MEN3GANGKAN !! T4NGIS ESBY P3CAH SEK3TIKA..MEMD3NGAR HARRY T UNGK4P PERAN YANG SEB3NARNYA !!

= = = = =

Penjelasan :

Akun Facebook Lavolda mengunggah video dengan tumbnail liputan dari BBC NEWS yang berjudul: โ€œTANGIS S-BY PECAH SEKETIKA !! MENDENGAR HARRY T UNGKAP PERAN YANG SEBENARNYA !!โ€ pada tanggal 15 Februari 2023 pukul 18:40. Postingan tersebut disertai keterangan unggahan dengan narasi: โ€œMEN3GANGKAN !! T4NGIS ESBY P3CAH SEK3TIKA..MEMD3NGAR HARRY T UNGK4P PERAN YANG SEB3NARNYA !!โ€. Video menarasikan bahwa Harry Tanoe dan Antasari adalah saksi SBY melakukan abuse of power.

Penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan dari beberapa video yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan. Video pertama yang dicuplik adalah video pernyataan dari Antasari Azhar, mantan ketua KPK soal pihak Cikeas yang pernah mengutus pemilik MNC Media Hary Tanoesoedibjo. Antasari meminta Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono untuk jujur atas kasus yang pernah membuat dirinya ditahan selama 8 tahun. Video tersebut diunggah oleh KOMPAS TV pada tanggal 14 Februari 2017 dengan judul โ€œAntasari Azhar: Saya Mohon SBY Jujurโ€.

Video kedua yang dicuplik adalah video yang diunggah KOMPASTV pada tanggal 14 Februari 2017 yang meliput Susilo Bambang Yudhoyono saat menanggapi ucapan Antasari Azhar. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Antasari yang menyebutkan adanya keterlibatan mantan orang satu di Indonesia terhadap kasus hukum yang menjeratnya. Menurut SBY, apa yang dialaminya kali ini sama seperti kala dirinya mencalonkan diri menjadi presiden.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=Bo6YAhBQ3wY
https://www.youtube.com/watch?v=5pVRILEUF64

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *