Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Tautan Bantuan Sosial Finansial Sebesar Rp5.500.000 dari Bank SulutGo

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Tautan palsu. Faktanya, pihak Bank SulutGo membantah adanya situs bantuan sosial finansial yang disediakan oleh pihaknya.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp

https://archive.vn/dtlsD

====

Narasi:

“Bantuan sosial finansial sebesar Rp 5.500.000.
2 NIK untuk 1 KK
Daftar lengkap
https : //banksulut[dot]club/bantuan/?sulut”

====

Penjelasan:

Telah beredar pesan berantai melalui WhatsApp berisi informasi dan tautan terkait bantuan sosial finansial sebesr Rp5.500.000 yang disediakan oleh Bank SulutGo. Setelah tautan tersebut dibuka, calon penerima bantuan diminta untuk mengikuti petunjuk yang ada pada laman tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut bukanlah tautan situs resmi yang diluncurkan oleh Bank Sulut. Melalui unggahan di halaman Facebook resmi Bank SulutGo Kantor Pusat, pihaknya membantah adanya tautan bantuan sosial oleh Bank SulutGo. Adapun situs resmi yang dapat diakses masyarakat adalah https://www.banksulutgo.co.id/.

Mengutip dari Manado Post, Kepala Divisi Corporate Secretary Bank SulutGo, Linda Moniaga mengonfirmasi bahwa situs bantuan sosial yang beredar di masyarakat itu adalah hoaks.

“Informasi itu Hoax. Website resmi Bank SulutGo www.banksulutgo.co.id tidak ada yang lain. Jadi, jika ada informasi yang mengatasnamakan Bank SulutGo itu tidak benar. Kami mengimbau agar lebih berhati-hati dan waspada agar tidak percaya terhadap segala bentuk penipuan,” tegasnya yang didampingi oleh Pemimpin Departemen Public Relation Heince J. Rumende.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, pesan berantai terkait yang disebarkan melalui WhatsApp itu dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

====

Referensi:

https://www.facebook.com/609388542418865/posts/4265974086760274/?d=n

https://manadopost.jawapos.com/berita-terbaru/15/04/2021/waspada-penipuan-bansos-mengatasnamakan-bank-sulutgo/

Editor: Bentang Febrylian

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *