Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Pemakaman Polisi Korban Pembakaran

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video yang diklaim merupakan pemakaman polisi korban pembakaran hal yang tidak benar. Faktanya, video tersebut diambil saat pemakaman Babe Cabita yang merupakan komedian sekaligus aktor.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://bit.ly/3xuKiH2

= = = = =

NARASI:
“USAI MEMAKAMAN SANG POLISI KORBAN PEMBAKARAN
Ibu ini mengusir siapa kira-kira”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tik Tok rizal setia memposting sebuah video menunjukkan seorang perempuan yang memakai baju dan kerudung berwarna hitam sedang berada di depan pemakaman. Di belakang perempuan tersebut nampak beberapa orang, salah satu diantaranya merupakan artis bernama Pras Teguh yang menggunakan kaos berwarna hitam. Dalam video tersebut terdapat narasi “USAI MEMAKAMAN SANG POLISI KORBAN PEMBAKARAN, Ibu ini mengusir siapa kira-kira”.

Setelah ditelusuri menggunakan InVid, ditemukan video serupa pada akun Youtube @DReLegend. Berdasarkan keterangan pada postingan, video tersebut merupakan video pemakaman almarhum Babe Cabita. Sebuah foto yang menampilkan kejadian yang sama juga terdapat di artikel jakarta.tribunnews.com berjudul “‘Kok Papa Gak Keliatan’ Ucap Anak Babe Cabita Polos di Makam, Ibunya Palingkan Wajah Lalu Menangis” diunggah pada Kamis, 11 April 2024. Gambar pada artikel diambil pada sudut pandang yang berbeda dengan video, namun merupakan kejadian yang sama.

Sebagai informasi Priya Prayoga Pratama atau akrab dipanggil Babe Cabita meninggal dunia pada Selasa 9 April 2024 di RS Mayapada Lebak Bulus. Babe Cabita merupakan komedian sekaligus aktor. Babe merupakan juara 1 Stand Up Comedy Indonesia 3 tahun 2013.

Dengan demikian video yang diklaim merupakan pemakaman polisi korban pembakaran hal yang tidak benar. Video tersebut diambil saat pemakaman Babe Cabita yang merupakan komedian sekaligus aktor, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/shorts/VtXdPuO0zdk
https://jakarta.tribunnews.com/2024/04/11/kok-papa-gak-keliatan-ucap-anak-babe-cabita-polos-di-makam-ibunya-palingkan-wajah-lalu-menangis
https://www.idntimes.com/hype/entertainment/aulia-supintou-1/biodata-dan-profil-babe-cabita

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *