Connect with us

Internasional

Virus Baru Mirip Covid yang Sembunyi di Kelelawar Bisa Tulari Manusia

Published

on

Kabarpolitik.com – Dunia belum selesai menghadapi pandemi Covid-19, termasuk Tiongkok. Kini di negara itu pula muncul virus baru mirip Covid-19 yang bersembunyi di tubuh kelelawar. Para ilmuwan mengatakan virus itu berpotensi untuk melompat ke manusia.

“Virus mirip Covid yang ditemukan bersembunyi di kelelawar di Tiongkok selatan adalah satu dari lima virus yang berpotensi menular ke manusia,” kata para ilmuwan seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (1/12).

Virus itu dikenal dengan nama BtSY2, terkait erat dengan SARS-CoV-2. Itu adalah salah satu dari lima virus yang harus diwaspadai.

“Ditemukan pada kelelawar di seluruh provinsi Yunnan yang kemungkinan menjadi patogen bagi manusia atau ternak,” kata para ilmuwan.

Tim memperingatkan potensi penyakit ‘zoonotik’ baru yang disebabkan oleh patogen yang menular ke manusia dari hewan lain. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Universitas Sun Yat-sen di Shenzhen, Institut Pengendalian Penyakit Endemik Yunnan, dan Universitas Sydney. Penelitian ini telah dirinci dalam studi baru yang diterbitkan sebagai makalah pracetak, belum ditinjau oleh rekan sejawat, di server bioRxiv.

“Studi kami menyoroti kejadian umum penularan antarspesies dan koinfeksi virus kelelawar, serta implikasinya terhadap kemunculan virus,” tambah peneliti.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan sampel rektum dari 149 kelelawar individu yang mewakili 15 spesies, di enam kabupaten atau kota di provinsi Yunnan, Tiongkok. Para peneliti mencatat frekuensi tinggi dari beberapa virus yang menginfeksi satu kelelawar pada satu waktu.
Ilmuwan meminta manusia waspada kelelawar yang dapat menampung banyak spesies virus yang berbeda, kadang-kadang menjadi tuan rumah bagi virus pada saat yang sama.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *