Connect with us

Pemerintahan

Wapres Tekankan Empat Kriteria Calon Pimpinan dan Dewas KPK yang Ideal

Pasuruan, Kabarpolitik.com – Saat ini, pendaftaran calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) tengah dibuka.

Ketika diminta tanggapan oleh awak media seputar isu ini, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya memilih kandidat dengan kriteria tertentu untuk memastikan efektivitas dan kredibilitas lembaga antirasuah negeri ini ke depannya.

“Saya kira paling pertama harus rekam jejaknya harus bersih. Itu rekam jejak. Sebab kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” ujar Wapres dalam keterangan pers usai meninjau Pabrik Pengolahan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) dan PT Fronte Classic Indonesia, di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Jl. Raya Raci–Bangil, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kamis (27/06/2024).

Kriteria selanjutnya, tambah Wapres, adalah integritas dan komitmen.

“Yang keempatnya, independen. Dan, independen jangan titipan ya, betul-betul [independen],” pintanya.

Menurut Wapres, jika keempat kriteria tersebut terpenuhi, akan lahir Pimpinan dan Dewas KPK yang bisa diharapkan.

“Jadi, rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan juga independensinya,” tegasnya.

Wapres menegaskan, pemilihan Pimpinan dan Dewas KPK harus dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab lembaga ini keberadaannya sangat penting dan selalu menjadi sorotan publik, bahkan dinilai oleh pihak internasional.

Dalam keterangan pers ini, Wapres didampingi oleh Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Didik Prasetiyono, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (RR/SK-BPMI, Setwapres)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *