Connect with us

Nasional

2019, Banjir Kanal Barat Semarang Dilengkapi Atraksi Tarian Air Mancur Tiap Malam

Kabarpolitik.com, SEMARANG – Ingin melihat atraksi air mancur yang keren? Kini tidak perlu lagi pergi jauh-jauh pergi ke sungai Han, Korea Selatan untuk menikmati atraksi air mancur dengan permainan gemerlap lampu di Jembatan Banpo. Cukup datang ke Kota Semarang.

Mulai tahun 2019, Kota Semarang siap meluncurkan objek wisata serupa pada jembatan yang melintas di Banjir Kanal Barat (BKB).

Hal tersebut dipastikan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi setelah meninjau uji coba project yang disebutnya sebagai ‘Semarang Bridge Fountain’ pada Minggu (16/12) malam.

Tak hanya mengamati dari tepi sungai BKB, Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu juga menggunakan drone untuk mengamati sistem kerja air mancur secara keseluruhan.

Tampak megah, jembatan BKB di Kota Semarang yang biasanya hanya diterangi oleh lampu jalan, seketika berubah menjadi sebuah panggung pertunjukan tarian air dengan tata cahaya yang apik.

Total sembilan lagu tema dimainkan pada uji coba di malam tersebut, selaras dengan gerakan air mancur yang disesuaikan.

Tak pelak, meskipun baru sebatas uji coba, ‘Semarang Bridge Fountain’ sukses menarik perhatian masyarakat yang melintas di sekitar jembatan BKB malam itu.

Walikota Hendi sendiri yang menjadi inisiator objek wisata baru di Kota Semarang tersebut mengharapkan ‘Semarang Bridge Fountain’ dapat menjadi daya tarik baru untuk meningkatkan kunjungan wisata.

“Dalam mengembangkan sektor wisata di Kota Semarang, kami berkomitmen agar selalu ada hal baru di Kota Semarang yang dapat meningkatkan ketertarikan wisatawan,” tegas Walikota yang juga politisi PDI Perjuangan itu.

“Maka setelah Kampung Pelangi hingga revitalisasi Kota Lama hingga Hutan Tinjomoyo, saat ini kami mengenalkan Semarang Bridge Fountain sebagai daya tarik baru Kota Semarang,” jelasnya.

Setelah uji coba project yang dikerjakan selama 6 bulan dengan anggaran sekitar Rp 17 milyar tersebut selesai, Walikota Hendi pun menyatakan puas.

Namun dirinya menyebutkan jika masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi sebelum ‘Semarang Bridge Fountain’ dapat dihidupkan secara rutin setiap malam.

Dirinya menekankan evaluasi tersebut akan difokuskan pada keamanan serta kenyamanan masyarakat yang akan menonton pertunjukan tersebut, termasuk agar arus lalu lintas tidak terganggu.

“Masih ada waktu hingga launching pada malam tahun baru mendatang, saya minta Dinas PU, Disbudpar dan Dishub untuk berkoordinasi agar bisa memberi kenyamanan dan keamanan pada warga masyarakat,” tekan Walikota Hendi.

Dirinya menegaskan jika evaluasi tersebut penting mengingat antusias warga yang begitu besar, bahkan sebelum ‘Semarang Bridge Fountain’ resmi diluncurkan.

Sedangkan terkait teknis, Walikota Hendi meminta adanya penyesuaian musik. Menurutnya, ‘Semarang Bridge Fountain’ juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melestarikan musik-musik daerah.

“Perlu dikombinasikan juga dengan lagu dan musik Indonesia dan lagu daerah yang rancak,” pinta Walikota yang ditetapkan sebagai ‘Pembina Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia’ oleh Kemenpan RB tiga kali berturut-turut pada tahun 2016, 2017 dan 2018 tersebut.

Di sisi lain, secara detail Kepala Dinas PU Kota Semarang, Iswar Aminuddin menjelaskan jika pertunjukan ‘Semarang Bridge Fountain’ akan dilangsungkan secara rutin dengan durasi 30 menit setiap harinya pada pukul 19.30-20.00 WIB.

Sedangkan untuk hari Sabtu serta Minggu akan dinyalakan sebanyak dua kali, dengan penambahan waktu atraksi pada pukul 21.00-21.30 WIB. (sen)

source

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *