Connect with us

Pemerintahan

Bertemu Premier Sarawak, Wapres Bahas Perluasan Bidang Kerja Sama

Published

on

Kuching, Kabarpolitik.com – Pagi ini, Rabu (29/11/2023), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan Premier Sarawak YAB Datuk Patinggi Tan Sri (Dr) Abang Haji Abdul Rahman Zohari bin Tun Datuk Abang Haji Openg, di The Peak Executive Lounge Lt. 22 Hotel Pullman, Kuching, Malaysia.

Pada pertemuan tersebut, kedua pemimpin membahas mengenai perluasan bidang kerja sama antarnegara, salah satunya di bidang pembangkit tenaga listrik.

“Dan ada satu teknologi yang bisa dikembangkan, kombinasi tenaga listrik pembangkit angin dan matahari. Saya kira kita bisa kembangkan,” papar Wapres dalam keterangannya kepada awak media.

Lebih jauh Wapres menyebutkan, kondisi Sarawak yang merupakan negara bagian dari Malaysia memiliki keadaan yang serupa dengan Indonesia, sehingga banyak bidang kerjasama yang dapat diperluas, termasuk investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang dirintis pengerjaannya. Sebab, secara letak geografis, Sarawak dan IKN memiliki jarak yang dekat.

“Jadi, Sarawak ini negara bagian Malaysia yang potensial dan kaya, serta punya banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan baik. IKN juga sedang dirintis juga untuk investasi,” tutur Wapres.

Di sisi lain, kedua pemimpin ini juga turut membicarakan perlusan kerjasama di bidang perdagangan karbon yang memiliki potensi besar di tanah air.

“Kami juga tadi berbincang-bincang bagaimana kita membangun kesamaan dalam rangka carbon trading, perdagangan karbon,” ujar Wapres.

“Ini kita punya potensi untuk bisa menjual karbon dan belum ada semacam standar, regulasinya belum ada,” imbuhnya.

Mengakhiri keterangannya, Wapres yang sebelumnya telah menerima laporan kondisi pekerja migran Indonesia (PMI) yang dilaporkan baik oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Sarawak yang telah menjaga PMI dengan baik.

“Dalam hubungan kita secara bilateral, saya juga mengapresiasi perlakuan Sarawak ke pekerja migran kita. Menurut yang dilaporkan oleh Pak Dubes sangat baik,” pungkas Wapres.

Tampak hadir pada pertemuan tersebut Timbalan Menteri di Jabatan Premier Sarawak (Integriti dan Ombudsman), YB. Datuk Dr. Haji Juanda bin Jaya dan YBHg Datin Shanti binti Achmed Ramly.

Sementara, dalam keterangan persnya Wapres didampingi oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi. (DAS – rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *