Connect with us

Pemerintahan

Kawal Visi Indonesia Emas 2045, Wapres Sampaikan Tiga Pesan Strategis kepada Capaja TNI-Polri

Jakarta, Kabarpolitik.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin siang ini, Kamis (11/07/2024) memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) 2024, di Balai Sudirman, Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, Wapres menyoroti aspek-aspek yang perlu dipersiapkan oleh para Capaja sebagai bekal dalam menjalankan tugasnya ke depan menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk mengawal langsung ketercapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Seorang perwira muda TNI-Polri dituntut memiliki pengetahuan yang luas dan tinggi, serta kemampuan menganalisis setiap dinamika zaman secara mendalam,” tegas Wapres.

“Namun, hati tetap berpijak di bumi dan diabdikan untuk mengutamakan rakyat dan menjaga kehormatan institusi,” tambahnya.

Lebih jauh, Wapres menyampaikan tiga pesan kepada calon-calon perwira muda ini. Pertama, bulatkan tekad untuk mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Pupuk terus kemampuan untuk menjadi prajurit TNI dan anggota Polri yang visioner, adaptif, dan mampu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik,” pesannya.

Selain itu, Wapres mendorong para peserta pembekalan untuk terus menjadi pembelajar serta mengembangkan inovasi, keterampilan, dan kemampuan analisis yang tajam.

“Kedua, jadilah prajurit TNI-Polri yang responsif dan proaktif di tengah-tengah masyarakat,” lanjutnya.

Dalam konteks ini, Wapres pun meminta anak didik di akademi TNI-Polri untuk peka terhadap masalah yang muncul di lingkungan warga dan cepat menangani segala keluhan masyarakat.

“Ketiga, perkuat disiplin dan integritas diri,” tegasnya.

Untuk itu, Wapres menekankan, nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga, dan Tribata menjadi nilai-nilai minimum yang harus ada dalam pengabdian para Capaja kepada bangsa dan negara.

“Tingkatkan terus kinerja dan kapasitas diri demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbaunya.

Mengakhiri sambutannya, Wapres berharap, para Capaja dapat menjadi teladan dan anutan yang mampu mendorong terciptanya tatanan hidup yang beretika, beradab, dan bermoral sesuai dengan nilai-nilai yang dikandung oleh Pancasila.

Hadir dalam acara ini, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak; Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Haryono; Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali; Wakil Kapolri, Komjen Pol Agus Andrianto; Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan; beserta jajaran pejabat dan Capaja TNI-Polri.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Plh. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Arif R. Marbun, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (RR/SK-BPMI, Setwapres)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *