Connect with us

Pemerintahan

Kunjungi Jawa Barat, Wapres akan Resmikan Bendungan Cipanas di Sumedang dan Tol Cimanggis–Cibitung di Bogor

Jakarta, Kabarpolitik.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa pagi (09/07/2024).

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandar Udara (Bandara) Internasional Kertajati, Majalengka, pada pukul 09.30 WIB, dengan waktu penerbangan diperkirakan kurang lebih 40 menit.

Wapres dijadwalkan tiba di bandara terbesar kedua di Indonesia ini pada pukul 10.10 WIB dan disambut oleh Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danlanud Sugiri Sukani Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri, dan Pj. Bupati Majalengka Dedi Supandi.

Selanjutnya, didampingi oleh Pj. Gubernur Jabar, Wapres beserta rombongan direncanakan berkendara mobil menuju Bendungan Cipanas di Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, untuk meresmikan salah satu infrastruktur sumber daya air (SDA) yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) ini. Di lokasi peresmian, Wapres akan disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli, dan Bupati Indramayu Nina Agustina.

Lokasi administratif Bendungan Cipanas sendiri terletak di dua kabupaten, tepatnya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dan Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang. Proyek pembangunannya dimulai sejak 2016 hingga 2023. Berkapasitas mencapai 250 juta meter kubik, keberadaan bendungan ini mampu mengairi 9.273 hektare lahan pertanian di kedua kabupaten, sehingga diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun.

Bendungan Cipanas ini akan menyuplai air baku sebesar 850 liter/detik bagi kawasan industri, permukiman, Bandara Kertajati di kawasan Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati). Jumlah ini terdiri atas 650 liter/detik untuk Kabupaten Sumedang dan 200 liter/detik untuk Kabupaten Indramayu. Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat dalam mereduksi banjir sekaligus berpotensi menjadi pembangkit listrik sebesar 3,0 megawatt.

Usai peresmian Bendungan Cipanas, Wapres dijadwalkan melakukan penanaman Pohon Pulai dan peninjauan bendungan. Selepas santap siang, didampingi oleh Menteri PUPR dan Pj. Gubernur Jabar, Wapres beserta rombongan akan berkendara mobil menuju ke lokasi kunjungan berikutnya di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Di lokasi tersebut, Wapres diagendakan meresmikan dan meninjau Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, serta memberikan keterangan pers kepada awak media.

Setelah menempuh perjalanan darat selama hampir 2,5 jam, Wapres dijadwalkan tiba di Jembatan Sungai Cileungsi pada pukul 15.30 WIB dan akan disambut oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir, Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu, dan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Edwin Syahruzad.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung sepanjang *26,18* kilometer ini digarap mulai *2015* hingga 2024. Proyek ini terbagi atas Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya–Cikeas dan Segmen 2B Cikeas–Cibitung.

Seksi 1 dan *Seksi* 2A sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B menjadi *seksi* terakhir Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang akan segera dibuka. Adapun lokasi peresmian hari ini berada di *Seksi* 2B, yaitu di *Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400*. Setelah Jalan Tol Cimanggis–Cibitung beroperasi penuh, jalan bebas hambatan ini akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 sehingga makin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Mengakhiri seluruh kegiatan dalam kunjungan kerja ke Jabar ini, sekitar pukul 16.45 WIB, Wapres dan rombongan direncanakan kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja kali ini, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (RR/SK-BPMI, Setwapres)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *