Connect with us

Pemerintahan

Presiden Jokowi Ajak Sejumlah Pemimpin Perusahaan Tinjau Persemaian Mentawir

Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah pemimpin perusahaan meninjau Persemaian Mentawir, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 2 November 2023. Bersama para pemimpin perusahaan, Presiden Jokowi berjalan menyusuri persemaian sambil menjelaskan sejumlah hal terkait persemaian dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ini yang sering saya ceritakan bahwa kita ingin membangun Kalimantan hijau dan Nusantara forest city, jadi kita mulai dengan ini,” jelas Presiden kepada para pemimpin perusahaan sambil meninjau bibit di sana.

Lebih lanjut, Kepala Negara menjelaskan bahwa berbagai jenis bibit tanaman yang ada di persemaian tersebut disiapkan untuk nantinya ditanam di kawasan IKN. “Kita siapkan dan akan ditanam nanti di Nusantara,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Kompas Gramedia, Lilik Oetama yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya merasa takjub melihat persemaian yang nantinya akan menghasilkan bibit-bibit tanaman untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara.

“Luar biasa, pertama kali saya ke sini bagus sekali ya, hebat sekali, luar biasa,” tuturnya.

Lilik pun menilai bahwa dirinya optimistis jika IKN nantinya akan menjadi ibu kota baru yang lebih hijau dengan dukungan suplai bibit tanaman dari Persemaian Mentawir.

“Kalau saya melihat ini semua, saya yakin bahwa ibu kota yang baru ini IKN akan lebih hijau ya—lebih green ya, kami lihat dari tanaman yang disiapkan untuk ibu kota saya rasa akan bagus sekali nanti,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

(rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *