Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Air Nanas Panas dapat Membunuh Sel Kanker

Published

on

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah. Hoaks tersebut telah beredar sejak 2019. Faktanya, penyakit dan sel kanker tidak bisa sembuh begitu saja karena mengkonsumsi nanas atau makanan lainnya.

=====
[KATEGORI]: Konten Palsu

=====
[NARASI]:
โ€œAir Nanas panas
tolong sebarkan !! tolong sebarkan !!
Profesor Khairul Huseinn dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat Jakarta menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima buletin ini dapat meneruskan sepuluh salinan kepada orang lainโ€™, pasti setidaknya satu kehidupan akan diselamatkan โ€ฆ
Saya telah melakukan bagian saya, semoga Anda juga dapat membantu bagian Anda. terima kasih!
Air nanas panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup
Lihatlah lagi, lalu beri tahu yang lain,
Sebarkan cinta keluar!
Nanas panas ~ dapat membunuh sel kanker!
(Narasi lanjutan ada dibagian REFERENSI)โ€

=====
[SUMBER]: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1678684192.251067/singlefile.html

=====
[PENJELASAN]:

Beredar kembali informasi yang mengklaim nanas yang dicampur air panas dapat membunuh sel kanker karena berubah menjadi air alkali. Hoaks yang mencatut nama DR. dr. Rahyussalim, SpOT dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Profesor Khairul Huseinn dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat tersebut telah beredar sejak tahun 2019.

Berdasarkan hasil penelusuran, Turnbackhoax.id pernah membahas hal serupa dengan judul โ€œ[SALAH] Pesan WhatsApp โ€œNanas panas ~ dapat membunuh sel kanker!โ€โ€ pada 4 Oktober 2021. Artikel tersebut menyatakan bahwa DR. dr. Rahyussalim, SpOT mengonfirmasi bahwa dirinya pun tidak pernah menyebarkan informasi itu dan bahkan ia mendapatkan pesan serupa dari rekannya. Selain itu, tidak ditemukan identitas Profesor Khairul Husein dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat yang tercantum dalam pesan Whatsapp itu sehingga tokoh tersebut adalah fiktif.

Pada 2 Agustus 2021 artikel dengan klaim sama juga pernah dibahas dengan judul โ€œ[SALAH] Air Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kankerโ€. Beberapa ahli gizi menyatakan bahwa penelitian terkait nanas terhadap kanker masih butuh penelitian lebih lanjut. Informasi terkait nanas terhadap sel kanker tersebut tidaklah memiliki dasar ilmiah, karena belum ada bukti studi ilmiah yang menunjukkan bahwa air nanas dapat mengobati kanker serta mengkonsumsi buah nanas juga tidak serta merta langsung menurunkan tekanan darah.

Terkait klaim air alkali Ketua DPP Bidang Ilmiah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Marudut Sitompul menjelaskan, bahwa informasi tersebut keliru. Ia menjelaskan bahwa nanas memiliki pH sekitar 4 dan bersifat asam. Apabila nanas direndam air dan difermentasi, maka bakteri lactic acid akan masuk ke dalamnya dan membuatnya menjadi semakin asam. Proses perendaman nanas inilah yang bisa jadi dimaksudkan untuk membuatnya memiliki kadungan antioksidan tinggi seperti cuka apel.

Berdasarkan penjelasan di atas kalim air nanas panas dapat menyembuhkan kanker adalah salah dan termasuk dalam kategori konten palsu.

=====
[REFERENSI]

Narasi Lanjutan:

โ€œPotong 2 hingga 3 serpihan nanas tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi โ€œair alkaliโ€, tunggu hingga dingin kmudian minum. minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.
Air nanas panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.
Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor. Terbukti untuk memperbaiki semua jenis kanker.
Air nanas panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi
Jenis pengobatan dengan ekstrak nanas hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.
Selain itu, asam amino dan polifenol nanas dalam jus nanas dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.
Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga, teman, sebarkan cinta! Jaga kesehatan Anda sendiri.
(DR. dr. Rahyussalim, SpOT) FK UIโ€

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *