Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] FIFA RESMI BERIKAN SANKSI BERAT KE TIMNAS ISRAEL

Published

on

Hasil periksa Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut berisi ucapan belasungkawa dari Presiden FIFA Gianni Infantino untuk tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa sebanyak 135 orang. Subtitle yang ditampilkan sama sekali tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Presiden FIFA.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1680793264.419313/singlefile.html (Youtube)

====

[NARASI]:
INI BARU ADIL – FIFA RESMI BERIKAN SANKSI BERAT KE TIMNAS ISRAEL

RESMI!FIFA SANKSI BERAT ISRAEL
FIFA CORET ISRAEL DIPIALA DUNIA U20 DAN DIBANNED HINGGA TAHUN YANG DITENTUKAN

====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube Dafa Bola yang menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino disertai subtitle berbahasa Indonesia dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa FIFA resmi memberikan sanksi berat kepada Timnas Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut identik dengan video unggahan KOMPASTV berjudul “Presiden FIFA soal Tragedi Kanjuruhan: Kejadian Tragis, Hari yang Kelam Bagi Sepak Bola” yang diunggah pada 3 Oktober 2022.

Dalam video tersebut berisi ucapan belasungkawa dari Presiden FIFA Gianni Infantino untuk tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa sebanyak 135 orang.

Subtitle yang ditampilkan dalam video tersebut sama sekali tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Presiden FIFA Gianni Infantino pada video aslinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa FIFA resmi memberikan sanksi berat kepada Timnas Israel tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/06/111200782/-hoaks-fifa-jatuhkan-sanksi-berat-untuk-timnas-israel?page=all#page2

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *