Connect with us

Politik

BPS Tak Mampu Petakan Kebutuhan Logistik Ditingkat Desa

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi mengatakan, selama ini pemetaan Kebutuhan logistik ditingkat desa tidak berjalan.

Menurut Dedi, Badan Pusat Statistik (BPS) sejatinya sudah bisa menghitung kebutuhan logistik di tingkat desa di seluruh Indonesia selama periode tertentu.

“Sekarang ini nggak jalan (pemetaan kebutuhan logistik di tingkat desa). BPS (harusnya) sudah bisa menghitung dong wilayah A butuh berapa ton untuk sebulan. Itu harusnya sudah bisa dirumuskan,” katanya, Rabu,  (6/11/2019).

Menurut dia, BPS harus sudah bisa memetakan kebutuhan pangan di suatu desa. Mulai dari kebutuhan sayur, daging, termasuk juga sumber-sumber atau alur logistik logistik tersebut. Pemetaan itu harusnya makin mudah dibuat dengan pendekatan digitalisasi.

Dengan modernisasi sistem pemetaan itu pula, Indonesia bisa memitigasi ancaman krisis pangan. Dengan cara itu juga, stok pangan ditingkat desa tersedia dengan baik.

“Dengan cara itu, pemetaan kebutuhan logistik dan pemenuhannya maka negara tidak memiliki kecemasan terhadap guncangan itu,” katanya.[asa]

Sumber

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *