Connect with us

Internasional

Empat Tanda-Tanda Ibadah Haji Tetap Bakal Dilaksanakan Tahun Ini

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Sekjen DPP AMPHURI Firman M Nur menilai, Arab Saudi telah menunjukkan keseriusannya menyiapkan fasilitas haji tahun ini.

AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia) yakin penyelenggaraan haji tahun ini dapat terlaksana.

“Setidaknya, sikap optimisme itu berdasarkan upaya Kerajaan Saudi terus meningkatkan penanganan COVID-19 yang dinilai sebagai langkah persiapan menyambut musim haji,” kata Firman dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Firman mengatakan paguyuban biro umrah dan haji khususnya itu memperhatikan perkembangan terkini kondisi Saudi dan pandemi COVID-19.

Firman mengatakan keseriusan Saudi itu tampak dari beberapa hal.

Pertama, pemasangan gerbang disinfektan di pintu masuk di dua masjid suci, Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

Kedua, otoritas setempat, kata Firman, juga melakukan disinfeksi pada pegangan escalator di dua masjid suci.

Ketiga, memasang monitor suhu tubuh di dua masjid suci tersebut.

Keempat, melakukan pembersihan menyeluruh areal dua masjid suci minimal tiga kali sehari.

Pemerintah Indonesia sendiri masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji hingga 20 Mei mendatang. Tentunya, dalam penyelenggaraan haji nanti harus mengacu pada protokol kesehatan penanganan COVID-19,” katanya.

Firman mengatakan AMPHURI saat pandemi terus mengedukasi masyarakat dan memotivasi anggotanya untuk tetap optimistis dan tidak tinggal diam begitu saja.

Salah satunya adalah membantu anggota yang terdampak dan menggelar program manasik haji secara daring untuk para calon jamaah haji dan masyarakat umum.

“Program Manasik Haji Online ini dilakukan setiap hari selama bulan Ramadhan melalui saluran youtube AMPHURI Channel dengan harapan para calon jamaah haji khusus dapat terus belajar ilmu soal haji dan menguatkan niat hajinya serta terus berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga haji tahun ini bisa terlaksana,” katanya. [rif]

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *