Connect with us

Internasional

Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Dirakit, Diklaim Hasilkan Energi Bersih

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Proyek fusi nuklir terbesar di dunia mulai berjalan dan sedang dirakit di Prancis. Nantinya, fusi nuklir tersebut diklaim akan mereplikasi reaksi sinar matahari untuk menciptakan sumber energi bersih utama.

Terletak di Provence, Prancis, Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional – atau ITER, fusi nuklir tersebut diharapkan mulai memberikan energi pada 2035. Kekuatan fusi bekerja dengan menumbuk atom hidrogen berat untuk membentuk helium, melepaskan sejumlah besar energi dalam proses. seperti yang terjadi secara alami di pusat bintang.

Dalam konsep semacam itu, gravitasilah yang mengatasi kecenderungan atom hidrogen yang terisi untuk saling menjauh seperti dua ujung positif dari sebuah magnet. Namun, di ITER, melakukannya dengan membuat cincin gas super panas yang diisi yang disebut plasma. Panasnya mencapai sekitar 27o juta derajat Fahrenheit yang akan ditahan oleh magnet.

Untuk jumlah bahan bakar yang sama, fusi nuklir tersebut dikatakan dapat menghasilkan sekitar empat kali energi dari pembangkit tenaga nuklir konvensional uang menggunakan reaksi pembelahan atom, fisi, reaksi. Fusi tersebut dijuluki ‘keajaiban bagi planet kita’, menggunakan bahan bakar yang mudah didapat dan menyediakan energi yang murah, bersih, dan aman tanpa limbah radioaktif atau risiko kehancuran.

Tujuh mitra internasional utama dilaporkan telah berkolaborasi untuk menghadirkan kekuatan fusi praktis ITER menjadi kenyataan. Mitra internasional dimaksud adalah Tiongkok, Eropa, India, Jepang, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS).

Proyek ITER diluncurkan pada 2006 lalu dan awalnya direncanakan untuk melakukan uji coba pertama tahun ini. Fusi penuh tadinya diharapkan bisa diuji coba pada 2023 mendatang.

Namun, proyek ini menghadapi berbagai macam penundaan sebagai akibat dari masalah pembiayaan, anggaran yang meluap dan, yang paling baru, kemunduran karena Covid-19. Pada akhir 2016, direktur jenderal ITER Bernard Bigot melaporkan bahwa jadwal baru akan bertujuan untuk melihat apa yang disebut ‘plasma pertama’ untuk membuktikan konsep-konsep reaktor bekerja pada Desember 2025. Sehingga direncanakan operasi penuh tercapai pada 2035.

Dia mengakui, bagaimanapun, bahwa rencana itu akan ‘menantang’ untuk disampaikan dan bahwa penundaan lebih lanjut tetap menjadi suatu kemungkinan. “Jelas, pandemi berdampak pada jadwal awal,” ucap Dr Bigot menambahkan pada 28 Juli 2020 lalu selama upacara peluncuran perakitan untuk perangkat Tokamak yang mengandung plasma ITER.

Mesin fusi nuklir yang dirakit di ITER itu juga diklaim akan terdiri lebih dari satu juta bagian yang perlu dirakit bersama.
Jika proyek berhasil, versi kedua yang ditingkatkan kemudian dapat dibangun untuk memberikan lebih banyak kekuatan ke jaringan.

Dalam beberapa bulan terakhir, komponen-komponen besar masing-masing dengan berat ratusan ton yang memerlukan lift dan crane khusus dilaporkan telah mulai tiba di Prancis selatan sebagai persiapan untuk memulai perakitan. Ini telah diproduksi di laboratorium nasional di seluruh negara anggota negara anggota konsorsium ITER, yang berkontribusi pada proyek ini terutama dalam bentuk barang.

Kontribusi Korea Selatan, misalnya, termasuk pembuatan empat sektor kapal vakum di mana plasma fusi super-panas akan beredar dengan magnet ‘membatasi’ aliran dan menghentikannya dari menyentuh dinding sekitarnya. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan bahwa proyek untuk menciptakan ‘matahari buatan’ ini akan menghasilkan ‘sumber energi impian.’

Lima sektor lain dari ruang vakum sedang dibangun di Eropa. Menurut Dr Bigot, total investasi keuangan yang ditempatkan di ITER sulit untuk dihitung mengingat keterlibatan internasional dalam proyek tersebut. Namun, ia memperkirakan bahwa Uni Eropa telah menyumbang sekitar EUR 20 miliar atau berkisar Rp 346,7 triliun.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

(jp)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *