Connect with us

Nasional

Ini 5 Makanan yang Dapat Penuhi Cairan Tubuh selain Air Minum

Published

on

AIR memiliki fungsi penting untuk ‘membilas’ racun serta kotoran yang ada di dalam tubuh kita. Bukan itu saja, asupan cairan yang cukup juga akan meningkatkan sistem imun, mencegah sakit kepala serta dehidrasi. Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi air minum setidaknya 8 liter tiap harinya.

Hanya saja, tak semua orang suka menenggak air minum dalam jumlah yang banyak. Alasannya beragam, entah tak menyukai rasanya, atau tak ingin merasa cepat kembung.

Lantas, adakah cara lain yang bisa dilakukan bila kita tak suka minum air putih? Sebuah penelitian dari Universitas Stirling, Loughborough dan Bangor menemukan bahwa terdapat jenis minuman dan makanan lain yang dapat berperan layaknya air minum. Bahkan, cairan yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut justru bertahan lebih lama di dalam tubuh bila dibandingkan dengan air minum biasa.

Dengan demikian, kita masih bisa mendapat asupan cairan yang cukup dengan mengkonsumsinya, walau jarang minum sekalipun. Makanan apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky:

 

  1. Buah dan sayuran

Menurut Akademi Nutrisi dan Diet, jenis sayuran dan buah yang mengandung kadar air tinggi adalah seledri, tomat, jeruk, dan melon. Tak hanya memberi asupan air bagi tubuh, berbagai jenis makanan ini juga mengandung vitamin, mineral, serta serat yang baik bagi pencernaan. Untuk itu, disarankan agar menambahkan jenis sayuran dan buah tersebut dalam setiap hidangan yang kamu santap, setidaknya hingga setengah porsi.

 

  1. Oatmeal

Selama ini, oatmeal memang dikenal sebagai menu sarapan yang sehat dan kaya manfaat. Ternyata, layaknya air, oatmeal juga dapat menghidrasi tubuh dengan baik, lho.

Olahan gandum ini sangat mudah menyerap cairan, tak terkecuali susu atau air yang digunakan untuk memasaknya, sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan yang dapat menghidrasi tubuh. Agar manfaatnya lebih maksimal, kamu juga bisa mencampur oatmeal dengan buah-buahan segar seperti melon, beri-berian, atau jeruk.

 

  1. Camilan sehat

Bila terbiasa menyantap camilan yang tinggi karbohidrat seperti keripik kentang, pretzel, atau biskuit kraker, gantilah dengan jenis kudapan yang lebih sehat. Kamu bisa mulai menyantap jenis camilan yang kaya akan kandungan air seperti yogurt, sayuran dengan hummus, smoothies, atau buah segar.

 

  1. Sup

Secara sederhana, sup adalah air yang direbus bersama berbagai bahan dan bumbu seperti sayuran atau daging.Perpaduan tersebut menjadikan sup makanan menyehatkan yang kaya rasa, dan tentunya mampu menghidrasi tubuh. Bukan itu saja, kehangatan dari sup juga mampu mencegah kita merasa eneg dan mengurangi rasa mual.

 

  1. Dessert beku

Es krim, popsicle, hingga sorbet merupakan jenis-jenis dessert yang terbuat dari cairan, lalu dibekukan. Menyantap jenis dessert beku tak cuma dapat mendinginkan tubuhmu saja, namun juga berfungsi menghidrasi tubuh.

Meski berbagai makanan tersebut mampu menghidrasi tubuh, namun usahakan untuk tetap mengkonsumsi air minum secara rutin agar tubuh tetap segar dan bugar, serta kinerja organ tubuh tetap lancar. (kum)

source