Connect with us

Politik

Partai Mapan Diprediksi Kembali Naikan Parliamentary Threshold

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Pembahasan soal ambang batas parlemen pada revisi paket UU politik di DPR diprediksi bakal alot. Partai-partai besar- menengah diprediksi cenderung akan terus berupaya menaikan parliamentary threshold (PT).

Saat ini, syarat agar partai politik lolos ke Senayan harus mengantongi 4 persen suara nasional. Menaikan PT merupakan upaya mempreteli jumlah partai sehingga kekuatan politik di Senayan lebih sederhana.

Direktur Perludem Titi Anggraini mengatakan, partai-partai besar menengah cenderung akan memilih opsi menaikan PT. “Kecenderungan untuk menaikkan PT pun menguat di beberapa partai menengah besar. Alasannya serupa, guna menyederhanakan parpol yang ada di parlemen,” katanya Rabu, (6/11/2019).

Dia mengatakan, Perludem mendorong agar ambang batas parlemen justru diturunkan. Cukup satu persen saja suara nasional. Tujuannya untuk menjaga proporsionalitas pemilu yang dianut Indonesia. Selain itu, penurunan ambang batas hingga angka minimum itu bertujuan untuk mencegah banyaknya suara yang terbuang alias wasted votes.

“Namun nampaknya posisi partai hari ini lebih dominan menghendaki tidak dilakukan penurunan PT. Paling tidak mereka ingin PT nya minimal sama dengan Pemilu 2019,” ungkapnya.[asa]

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *