Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Tidur Sehabis Menangis Tanpa Cuci Muka Dapat Sebabkan Mata Bintitan

kabarpolitik.com

Published

on

Bukan Karena menangis, bintitan atau hordeolum bisa terjadi karena mengucek mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik kadaluarsa, tidak membersihkan kosmetik sebeum tidur, memakai lensa kontak yang tidak steril, Mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TIKTOK

======

[NARASI]:

“guys jangan pernah nangis langsung tidur tanpa cuci muka, aku nangis sampe bengkak trus aku langsung tidur besok pagi nya mataku kaya muncul Bentolan i think “ah bintitan” akhirnya ak beli salep bintitan sekitar 3 hari ga kempes” malah tambah besar. finally, aku ke dokter mata. dan langsung dibilang harus operasi sekarang juga. akhirnya aku dioperasi jadi di dalam kelopak aku isinya Nanah banyak karena bakteri menyebar.”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah tangkapan layar dari aplikasi tiktok mengenai kesaksian seorang wanita yang mengalami bintitan dan di operasi karena 3 hari tidak kempes. Hal tersebut diklaim terjadi akibat menangis dan tidak mencuci mukanya sebelum tidur.

Berdasarkan penelusuran, dilansir dari kompas.com, dokter spesialis mata bidang retina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, dr Grimaldi Ihsan, menyampaikan, apa yang dialami wanita dalam foto itu diduga bernama penyakit selulitis.

“Karena tidak terlihat seperti apa gangguannya, (tertutup kasa), seperti itu lebih ke arah selulitis di kelopak mata, jadi kayak bisul gitu,” kata Grimaldi kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Selulitis merupakan infeksi pada jaringan lunak yang terdapat di rongga mata yang meliputi otot dan jaringan lemak.

Dirinya mengungkapkan bahwa menangis terlalu lama bukanlah menjadi penyebab adanya selulitis.

“Tidak benar kalau (infeksi itu) disebabkan oleh menangis kemudian tidur,” ujar Grimaldi.

Ia menambahkan, ketika menangis, kemudian mengucek-ucek mata dan kebetulan tangan untuk mengucek ternyata tidak bersih, maka dapat menjadi kontaminasi. Terkait infeksi yang dialami perempuan itu, Grimaldi mengungkapkan, infeksi bakteri juga dapat disebabkan oleh kurang bersihnya make up pada wajah wanita yang menimbulkan penumpukan kotoran dan menginfeksi ke dalam kelopak mata.

Dilansir dari alodokter.com, Penyebab utama bintitan adalah infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri yang umum hidup di kulit ini dapat menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata, sehingga menimbulkan peradangan. Penyebab lain dari bintitan adalah kuman dan kulit mati yang terperangkap di ujung kelopak mata.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena bintitan, yaitu seperti menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur, memakai lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis), dan mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/27/110500065/hoaks-terlalu-lama-menangis-sebabkan-bintitan-pada-mata?page=all

https://www.alodokter.com/bintitan

ARCHIVE SUMBER:

http://archive.fo/cphjl

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *