Connect with us

Internasional

Bandara Changi Singapura Disulap Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Lebih dari 6.200 orang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 sejak Singapura memulai program vaksinasi. Sedikitnya ada 8 pusat vaksinasi, salah satunya Bandara Changi.

Seperti dilansir dari Straits Times, Kamis (14/1) Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan pusat vaksinasi itu termasuk dua pusat di Bandara Changi Terminal 4 dan Raffles City Convention Center yang sudah beroperasi. Dua lagi di bekas Sekolah Menengah Hong Kah dan Woodlands Galaxy Community Club yang akan siap minggu depan. Empat pusat lainnya akan siap pada Februari.

“Akan lebih banyak pusat vaksinasi dibuka secara progresif karena Singapura memperluas program vaksinasi,” kata Gan yang turut memimpin gugus tugas multi-Kementerian menangani Covid-19.

Baca juga: Hanya Manjur 50,4 Persen, Singapura Masih Tunda Pakai Vaksin Sinovac

Gan juga sudah menerima vaksin Covid-19 bersama dengan ketua satuan tugas Lawrence Wong dan staf panti jompo lainnya. Gan mendesak warga Singapura lainnya untuk mau divaksin saat giliran mereka tiba. Dia menekankan bahwa vaksinasi adalah kunci untuk lebih membuka kembali kegiatan di masyarakat dan ekonomi.

“Laju vaksinasi sedang ditingkatkan mulai minggu ini, dengan hampir 2.800 vaksinasi,” kata Gan.

Dia menambahkan bahwa empat pusat pertama telah berlokasi di berbagai bagian pulau untuk memberikan aksesibilitas dan kenyamanan yang lebih besar. Program vaksinasi nasional Singapura dimulai pada 30 Desember 2020. Jika semua berjalan sesuai rencana, Singapura akan memiliki cukup vaksin untuk memvaksinasi semua orang pada kuartal ketiga tahun ini.

Mereka yang sudah mulai menerima suntikan termasuk petugas kesehatan di rumah sakit umum dan swasta, petugas rumah karantina yang terlibat dalam operasi perawatan kesehatan garis depan, dan staf dari panti jompo Ren Ci di Bukit Batok.

Latihan vaksinasi juga dimulai untuk staf Singapore Airlines yang memenuhi syarat, termasuk awak kabin dan pilot di ruang kedatangan Terminal 4 Bandara Changi. Vaksin Pfizer-BioNTech menjadi satu-satunya yang disetujui dan membutuhkan dua suntikan, diberikan selang 21 hari. Singapura bakal menerima lebih banyak pengiriman vaksin Covid-19 dalam beberapa bulan ke depan, termasuk dari perusahaan bioteknologi AS, Moderna dan Sinovac, Tiongkok.

Saksikan video menarik berikut ini:

(jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *