Connect with us

Politik

Bawaslu Temukan Ratusan Ribu Pemilih Ganda

Published

on


Ketua Bawaslu Abhan. Foto: Medcom.id/Adin.


Jakarta: Badan Pengawas Pemilu menemukan data ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU. Sebanyak 131 ribu pemilih ganda itu tersebar di 76 dari 514 kabupaten/kota.

 

“Iya karena itu kita baru dilihat 76 daerah kami akan sisir sisanya, bisa saja ada lagi di daerah sisanya, tapi saya belum bisa memastikan,” ujar Ketua Bawaslu, Abhan di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 6 September 2018.

 

Abhan mengatakan pihaknya menemukan data ganda tersebut dari soft copy sistem informasi data pemilih (Sidalih) yang terdapat di website KPU.

 

“Data yang kita terima dan kita lihat memang nama-nama itu ganda. Kami mengkategori dengan tiga elemen, NIK, nama, tanggal lahir. Tapi dengan NIK ganda itu ya ganda. Kalau nama bolehlah orang bisa sama,” kata Abhan.

Baca: Temuan Dugaan 25 Juta Pemilih Ganda Dikroscek



Abhan mengatakan Bawaslu dapat mengakses keseluruhan data pemilih, termasuk 12 digit NIK masing-masing orang. Sehingga, Abhan bisa memastikan bahwa temuan Bawaslu sebanyak 131 ribu data pemilih ganda itu adalah benar.

 

“Kami bisa akses ke seluruh akses NIK data. Bisa semua, jadi untuk validasi memang ada (data ganda) sebanyak 131 ribu. Tapi tentu ini kami akan sisir kembali. Seluruhnya nanti kita akan sisir,” ujar Abhan.

 

Meski begitu, Abhan mengatakan Bawaslu belum bisa merinci daerah mana saja yang mayoritas terdapat kegandaan data pemilih. Setelah penyisiran dilakukan secara menyeluruh di 514 kabupaten kota, Bawaslu akan memetakan daerah mana saja yang terdapat pemilih ganda.

(FZN)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *