Connect with us

Internasional

Bill Gates Sebut Perubahan Iklim Lebih Parah dari Pandemi Covid-19

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Miliarder Bill Gates membandingkan pandemi dan perubahan iklim. Filantropis dan miliarder itu menulis dalam sebuah blog bahwa perubahan iklim memberi dampak jangka panjang bagi anak cucu. Sedangkan pandemi bisa diatasi dengan vaksin Covid-19.

“Seburuk-buruknya pandemi ini, perubahan iklim bisa menjadi lebih buruk. Perubahan iklim sebagai krisis global,” jelas Bill Gates seperti dilansir dari One Green Planet, Selasa (19/1).

“Krisis global telah mengejutkan dunia. Ini menyebabkan jumlah kematian yang tragis, membuat orang takut untuk meninggalkan rumah, dan menyebabkan kesulitan ekonomi yang tidak terlihat dalam banyak generasi. Efeknya menyebar ke seluruh dunia,” kata Bill gates.

Baca juga: Soal Berakhirnya Pandemi, Bill Gates Berikan Prediksi yang Menyejukkan

“Jelas, saya berbicara tentang Covid-19. Namun hanya dalam beberapa dekade, deskripsi yang sama akan sesuai dengan krisis global lainnya yakni perubahan iklim,” katanya.

Dia menyoroti kematian dan kerusakan yang akan datang akibat pemanasan global. Bahkan sudah dengan pengurangan perjalanan dan penguncian di seluruh dunia akibat virus Korona, emisi gas rumah kaca belum cukup berkurang.

“Yang luar biasa bukanlah berapa banyak emisi yang akan turun karena pandemi, tapi seberapa sedikit. Penurunan emisi yang relatif kecil tahun ini memperjelas satu hal kita tidak bisa mencapai nol emisi hanya dengan terbang dan mengemudi lebih sedikit,” jelasnya.

Gates mengatakan virus Korona dapat diatasi dengan vaksin, tetapi perubahan iklim membutuhkan banyak perbaikan, fungsi, tindakan, dan perhatian dunia. Dia mengatakan untuk membantu memerangi efek perubahan iklim, kita membutuhkan solusi yang berhasil untuk semua negara, termasuk negara yang miskin.

“Kita juga harus menggunakan sains sebagai kekuatan penuntun dan mulai sekarang mengambil langkah-langkah untuk mengurangi perubahan iklim,” jelasnya.

Bill Gates memiliki harapan untuk masa depan. “Saya yakin kita dapat menghindari bencana iklim, jika kita menggunakan energi yang kita miliki sekarang dengan bijak, dan jika kita membuat terobosan besar yang menyentuh setiap aspek ekonomi fisik kita,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

(jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *