Connect with us

Politik

Demokrat Persilakan Kader Dukung Jokowi-Ma’ruf


Ilustrasi – Medcom.id.


Jakarta: Partai Demokrat menyadari tak bisa memaksakan kadernya di beberapa daerah untuk mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Demokrat sedang merumuskan mekanisme menyikapi sikap kader yang tak sejalan dengan arah kebijakan partai. 

“Kami akan carikan formulanya supaya tidak disebut dua kaki. Tapi kepentingan partai, caleg-calegnya di daerah kan,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean di kediaman SBY, kompleks Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 9 September 2018. 



Partai Demokrat mempersilakan kader-kadernya mendukung pasangan kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dengan catatan, mereka tak masuk dalam struktur tim pemenangan 

“Mungkin kita akan meminta kader kami untuk tidak usah masuk secara resmi di tim pemenangan. Mungkin itu salah satu cara kami nanti. Jadi kalau resmi masuk di sana kan seolah-olah ini berhadapan antara partai dengan kader,” jelas Ferdinand. 

Ferdinand yakin dengan cara seperti itu tak mengganggu soliditas partainya. Selain untuk menghindari konflik internal partai, suara Partai Demokrat di Pemilihan Legislatif (Pileg) pun tetap terjaga meski pilihan capresnya berbeda. 

Kader-kader yang berbeda pilihan itu tetap mengkampanyekan dan mengajak masyarakat memilih Partai Demokrat. Sementara untuk pilihan capres diserahkan kepada individu masing-masing. 

“Kalau dia enggak ada di tim pemenangan tapi bekerja diam untuk memenangkan yang didukung secara pribadi itu kan tidak terlalu mengganggu soliditas partai,” jelas Ferdinand. 

Baca: Deddy Mizwar Masih Jabat Ketua MKD Partai Demokrat Jabar

Dispensasi yang diberikan Partai Demokrat di beberapa daerah seperti Papua dan Sulawesi Utara lantaran suara Prabowo-Sandi tidak terlalu signifikan. Aspirasi kader di wilayah tersebut pun lebih condong mendukung ke pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 

“Partai ini kan harus bijak terhadap semua kader sehingga tidak terjadi bentrokan dan tidak terjadi konflik di internal kita,” pungkasnya.  

(DMR)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *