Connect with us

Daerah

Gubernur Jabar Sampaikan Perubahan RJPMD 2018-2023

Avatar

Published

on

BANDUNG – Musrenbang perubahan RPJMD Provinsi Jabar 2018-2023 dilaksanakan secara virtual dari ruangan Comand Centre. Hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wamen BUMD/ Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Budi Gunadi Sadikin dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Hari Nur Cahya Murni.

Dalam paparannya Ridwan Kamil mengatakan refokusing anggaran tahun 2020 dan 2021 masih akan dilakukan karena masih terdampak Covid-19. Ia juga mengatakan akibat Covid-19, terjadi penurunan pendapatan atau potensi kehilangan pendapatan hingga Rp6 triliun.

“Refokusing anggaran karena dampak Covid-19 masih dilakukan tahun 2021, kita melakukan efesiensi dimana-mana termasuk pada sejumlah program prioritas. Mengikuti RPJM pusat seperti arahan presiden yang juga melakukan penyesuaian RJPM 2020-2024,” tegasnya.

Gubernur mengatakan adanya Covid -19 telah mengajarkan banyak hal termasuk mengajarkan perlunya swasembada pangan. Di Jabar nantinya lahan-lahan tidur akan dimaksimalkan untuk memproduksi pangan.

“Indeks kompetensi human capital atau SDM kita terbaik, disisi lain banyak tanah menganggur akan dimaksimalkan untuk memproduksi pangan. Masa depan pemuda itu didesa, rejeki kota bisnis internasional,” jelasnya.

Ia juga mengatakan Covid-19 harus semakin fokus pada sisi kesehatan, dimana sebanyak 25 Rumah Sakit rencananya akan dibangun hasil kerjasama Jasa Sarana dengan Australia senilai Rp14 triliun. ” Semua tanpa APBD,” tegasnya.

Jabar juga akan meningkatkan potensi wisata lokal serta mendorong pemekaran wilayah. Ia berharap sebelum pemekaran terealisasi, pusat akan meningkatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana bantuan desa untuk Jabar.

“Saya kembali titip integritas dan pelayanan publik dan profesional sebagai pejabat. Kabar terbaru terkait penegakan hukum KPK, saya kembali prihatin. Semoga tidak ada lagi, tahun 2021 sebagai tahun optimisme, semoga vaksin sudah ada,” tutupnya. JO

               

//platform.twitter.com/widgets.js(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.5&appId=199167570421543”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

(red/kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *