Connect with us

Daerah

Hari Menanam Pohon Indonesia, Maphilinda Syahrial Oesman Ajak Masyarakat Lakukan Aksi Nyata

Published

on

Palembang — Berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 telah di tetapkan bahwa tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Tanggal tersebut ditetapkan sebagai awal dimulainya penanaman Pohon serentak di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data yang dimiliki WALHI sampai tahun 2014 kawasan hutan yang dijadikan Hutan Tanaman Industri (HTI) mencapai 57 Juta Hektar dari total 132 Juta Hektar. Dengan demikian, dapat dilihat hutan di Indonesia telah banyak dimiliki pebisnis. Monopoli hutan oleh pebisnis dapat merusak alam sekaligus masyarakat adat yang tinggal didalam hutan.

Terkait Hari Menanam Pohon Indonesia, Maphilinda Syahrial Oesman mengajak masyarakat untuk menjadikan HMPI sebagai momentum membangun kesadaran bersama sekaligus aksi nyata kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan hidup.

“Momentum yang strategis bagi bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan dan lahan serta kerusakan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan,” kata Maphilinda Syahrial Oesman Caleg DPR RI Dapil Sumsel I, di Palembang, Rabu (28/11).

Maphilinda menjelaskan, upaya preventif harus dilakukan untuk mempertahankan kelestarian alam Indonesia, sekaligus mempertahankan kehidupan yang sehat untuk masyarakat Indonesia.

“Kehidupan manusia sangat ditunjang oleh keberadaan alam, kalau alamnya rusak maka kehidupan pun akan rusak. Maka menjaga dan melestarikan alam merupakan bagian dari merawat hidup manusia,” pungkas Maphilinda Syahrial Oesman.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *