Connect with us

Internasional

Jika Vaksinasi Hanya di Negara Kaya, Pandemi Covid-19 Bisa Muncul Lagi

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Pendiri Microsoft, Bill Gates, mendesak vaksinasi terus dipercepat. Jika hanya diberikan ke negara-negara kaya dan tidak merata, justru dapat menyebabkan pandemi kembali dengan varian baru Covid-19.

Dalam wawancara dengan Fareed Zakaria dari CNN akhir pekan lalu, Gates mengatakan peluncuran vaksin AS terlalu lambat untuk mengalahkan pandemi pada akhir tahun. “Sayangnya, CDC gagal sedikit dengan tugas awal,” kata Gates seperti dilansir dari Express.co.uk, Jumat (5/3).

Gates juga memuji pembuatan vaksin virus Korona sebagai keajaiban. Gates menilai jika vaksin untuk melawan virus Korona hanya akan dikirim ke negara-negara kaya maka membiarkan risiko tetap terbuka untuk varian baru. Dan pandemi bisa terjadi lagi.

Baca juga: Hanya Satu Dosis, Penyimpanan Mudah, Manjur, Vaksin Ini Banjir Pesanan

“Masalah besarnya adalah kita belum berbuat cukup banyak untuk mengakhiri pandemi secara global,” tegasnya.

Pendiri Microsoft itu kemudian memperingatkan risiko varian baru, ditambah dengan potensi gelombang baru infeksi. Itu berarti AS dapat terancam hingga 2022 untuk kembali normal, kecuali manajemen pengendalian bisa terkendali. Gates juga menunjuk pabrik vaksin tambahan di India dan negara lain sebagai hal penting dalam mengurangi risiko infeksi.

Dirinya mengimbau populasi untuk selalu patuh protokol kesehatan. Gates juga mengatakan dia akan memakai masker sampai tingkat infeksi turun secara signifikan. “Karena praktik tersebut penting untuk mencegah penularan,” tuturnya.

Pendiri Microsoft juga menerima dosis vaksin keduanya pada bulan Februari. Lebih dari 76 juta dosis vaksinasi telah diberikan di AS hingga kemarin, mencakup 15,3 persen dari populasi.

Presiden AS Joe Biden berjanji setelah menjabat untuk memberikan 100 juta dosis vaksin dalam 100 hari pertamanya di kantor, dengan sekitar 1,74 juta dosis dikirimkan setiap hari. Namun, Biden juga mengakui bahwa pasokan vaksin merupakan masalah dan jadi tantangan.

Saksikan video menarik berikut ini:

(jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *