Connect with us

Internasional

KBRI Berlin Ajak Warga Jerman Ikut Lomba Reportase Bahasa Indonesia

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Pada Sabtu (17/4), Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, telah mengumumkan nama-nama pemenang Lomba Video Reportase 2021 yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hannover Messe Digital Edition 2021, yang berlangsung pada 12–16 April.

Hannover Messe (HM) sendiri merupakan pameran industri terbesar di dunia, dimana Indonesia menjadi negara mitra/Parner Country penyelenggaraan pekan raya pameran industri tersebut. Slogan Making Indonesia 4.0 menjadi tema utama dalam pameran kali ini.

’’Slogan itu menjadi tema dalam Lomba Video Reportase yang diselenggarakan khusus bagi para pelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) se-Jerman,’’ jepas Arif.  Dia menambahkan, para peserta lomba diminta membuat video reportase singkat tentang peranan Indonesia pada Hannover Messe tahun ini.

Acara yang dinisiasi oleh Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin itu diikuti oleh tujuh peserta lomba. Mereka diberikan kesempatan waktu tiga hari untuk membuat rekaman reportase berdurasi 2 sampai 4 menit.

Hasil dari rekaman video-video peserta dikumpulkan dan dinilai oleh dewan Juri. Para dewan juri lomba ini merupakan staf diplomatik KBRI Berlin, antara lain dari fungsi Pensosbud, Ekonomi, Protokol dan Konsuler dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun aspek-aspek penilaian juri, antara lain: informasi yang disampaikan, mimik dan gestur, durasi video, artikulasi, diksi dan tata bahasa.

Pemenang Lomba Video Reportase juara pertama adalah Jannis Hansmann, mahasiswa jurusan Linguistik/Bahasa Asia Tenggara di University of Applied Sciences kota Konstanz, yang berumur 19 tahun.

Jannis pernah tinggal di Kota Malang selama setengah tahun pada akhir 2019 dan terpaksa pulang karena pandemi Covid-19. ’’Saya mengikuti lomba ini karena kecintaan dan keinginannya untuk dapat melanjutkan belajar bahasa Indonesia yang sempat tertunda,’’ ungkap dia. Menurutnya kesempatan berharga yang langka membuat proyek kreatif dalam bahasa Indonesia menjadikannya tertantang untuk berekspresi terutama dalam membuat sebuah reportase khusus tentang HM.

’’Teknik reportasenya sangat bagus, menceritakan cukup lengkap mengenai HM dan apa saja yang terjadi selama Hannover Messe. Intonasi suara bagus dan pemilihan kata juga cukup bagus. Sangat mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia pada umumnya,’’ Hannan Hadi, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Berlin,

Pemenang kedua yaitu Jan Niclas Rockstroh, seorang mahasiswa Ekonomi Universitas Bremen yang pernah tinggal di Indonesia selama satu tahun. Selanjutnya juara ketiga diraih oleh Leon Woltermann, seorang mahasiswa Bahasa dan budaya Asia Tenggara Universitas Hamburg. Dia juga pernah menjadi pemenang Lomba Pidato se-Jerman yang diselenggarakan KBRI Berlin pada 2018.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin Ardi Marwan yang juga merupakan salah seorang juri pada lomba ini menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta lomba video reportase yang keseluruhannya merupakan para pembelajar BIPA di Jerman. ’’Video-video yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga cukup menyulitkan bagi para juri untuk menentukan pemenangnya,’’ ucapnya.

Para pemenang lomba itu diumumkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Jerman Bapak Arif Havas Oegroseno dimana Juara I mendapatkan uang hadiah sebesar € 500, peringkat 2 sebesar € 300, dan peringkat ketiga sebesar € 200.

Selain itu, seluruh peserta lomba juga mendapatkan Souvenir dan sertifikat dari KBRI Berlin. Acara pengumuman pemenang lomba yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2021 juga dihadiri oleh para pejabat dari 3 perwakilan RI yang ada di Jerman yaitu Wakil Duta Besar KBRI Berlin Bapak Yul Edison, Konjen RI Hamburg Bapak Ardian Wicaksono dan Konjen RI Frankfurt Bapak Acep Somantri. Lomba reportase video dalam rangka Hannover Messe ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan KBRI Berlin. (*)

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

(jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *