Connect with us

Internasional

Koalisi PM Malaysia Muhyiddin Yassin Menangi Pemilu Sabah, Pemilu Nasional Bakal Dimajukan

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Gabungan Rakyat Sabah (GRS) yang merupakan koalisi Partai Pendukung Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, berhasil memenangkan pemilihan negara bagian Sabah dengan mengalahkan koalisi oposisi Pakatan Harapan, lansir Straits Times pada Ahad (27/9).

Kemenangan itu, kata Muhyiddin, menunjukkan kepercayaan rakyat kepada partai-partai dalam GRS, yang terdiri dari Perikatan Nasional, Barisan Nasional, dan Partai Bersatu Sabah.

“Saya bersyukur ke hadirat Allah SWT atas kemenangan Gabungan Rakyat Sabah (GRS) dalam Pemilu Negeri Sabah,” ujar Muhyiddin melalui laman media sosialnya, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (27/9/2020).

Kemenangan GRS ini juga dapat memperkuat langkah Muhyiddin mempertahankan posisi perdana menteri melawan Anwar yang Rabu lalu mengklaim memiliki mayoritas suara untuk menggulingkan pemerintah.

“Saya mengucapkan selamat kepada calon-calon GRS yang menang dalam Pemilu ini. Inilah waktunya bagi kita semua melakukan khidmat bakti yang terbaik untuk rakyat dan membuktikan bahwa kita sebenar-benarnya adalah peduli kepada rakyat,” katanya.

Yang penting, ujar presiden Bersatu tersebut, GRS yang akan membentuk Pemerintah Negeri Sabah harus benar-benar berupaya menunaikan segala komitmen yang dinyatakan dalam “Aku Janji GRS”.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pemilih di negeri Sabah yang telah memilih calon-calon Gabungan Rakyat Sabah,” katanya.

Berdasarkan sumber di Komisi Pemilu Malaysia, Partai Warisan Sabah memperoleh 29 kursi, Barisan Nasional 14 kursi, Perikatan Nasional 17 kursi, Partai Bersatu Sabah tujuh kursi, UPKO satu kursi, PKR dua kursi dan independen tiga kursi.

Negara bagian Sabah memiliki total 73 daerah pemilihan. Muhyiddin mengatakan pemilu nasional dapat dilakukan segera jika GRS menang di Sabah.

Pemilihan umum Malaysia seharusnya diadakan pada 2023, tetapi spekulasi berkembang dimajukan beberapa bulan ke depan. Dalam pernyataannya, Muhyiddin mengatakan kemenangan ini menunjukkan rakyat Sabah mempercayai GRS berkuasa dan meminta aliansinya memenuhi janji kampanye. [rif]

Source

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *