Connect with us

Politik

Lepas CJH Embarkasi Makassar, Komisi VIII Minta Jemaah Tingkatkan Kepedulian Antar Sesama

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi meminta para Calon Jemaah Haji (CJH) untuk bisa menjaga kekompakan dan meningkatkan kepedulian antar sesama jemaah. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara pelepasan kloter pertama CJH dari Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pesan kami dari komisi VIII khususnya kepada bapak dan ibu, yang pertama di dalam menyelenggarakan ibadah haji tolong dijaga kekompakan, tolong ditingkatkan kepedulian sosialnya sesama jemaah haji khususnya kepada jemaah haji lansia,” ujarnya pada Selasa (23/5/2023) di Aula Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan

Politisi Partai Amanat Nasional ini berpesan agar para CJH yang berusia lebih muda agar tidak mengabaikan jemaah yang berusia lanjut. Terlebih berdasarkan data yang disampaikan oleh penyelenggara, terdapat 82 calon jemaah haji asal Embarkasi Makassar tergolong pada kategori lansia dan sekitar 70% masuk dalam daftar lansia berisiko tinggi. Tak lupa, ia pun mengingatkan seluruh CJH untuk selalu menjaga kesehatan selama ibadah di tanah suci.

“Jangan cuekin jemaah haji lansia jangan biarkan jemaah haji lansia sendirian. Karena dari data, cukup banyak jemaah lansia yang juga mengalami risiko tinggi. Yang kedua jaga kesehatan baik-baik,” tambah Legislator Dapil Sulawesi Selatan I itu pada calon jamaah haji yang hadir.

Pada kesempatan yang sama, Ashabul juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim yang bertugas sehingga keberangkatan CJH Kloter 1 dari Embarkasi Makassar dapat dilaksanakan. Ia juga mengatakan bahwa Komisi VIII DPR RI akan mendukung penuh upaya peningkatan upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi jemaah haji.

“Ucapan setinggi-tingginya dan apresiasi dari kami atas dedikasi dan kerja keras sehingga alhamdulillah pada malam ini kita bisa mewujudkan pemberangkatan kloter 1 untuk embarkasi Kota Makassar. Tentu kami pun dari Komisi VIII, insyaallah akan selalu men-support sepenuhnya terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan jemaah haji kita, khususnya di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Kehadiran Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR RI dalam acara tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja spesifik dalam agenda pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelumnya di hari yang sama, rombongan Kunspik Komisi VIII ini juga telah melakukan peninjauan langsung ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar serta Asrama Haji Makassar. Adapun anggota Komisi VIII yang ikut dalam rombongan Kunspik ke Embarkasi Makassar antara lain Samsu Niang, Idah Syahidah Rusli Habibie dan Sri Wulan.

Hadir pula pada acara tersebut Gubernur Sulawesi Selatan, Staf Khusus Menteri Agama, Ketua DPRD Prov. Sulawesi Selatan, Kakanwil Kemenag Sulsel dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Makassar seperti Direktur Teknik Garuda Indonesia dan General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Kanwil Kemenag selaku ketua PPIH embarkasi Makassar, disampaikan bahwa ada 15.863 orang CJH dari 8 provinsi akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Pada kloter pertama ini, terdaftar 388 orang CJH dengan jumlah CJH lansia sebanyak 82 orang. Adapun CJH tertua berusia 94 tahun.

Adapun proses pemberangkatan CJH embarkasi Makassar dimulai dengan kloter 1 yang berangkat dari bandara Sultan Hasanuddin pada 24 Mei 2023 pukul 01.55 WITA dan kloter terakhir dijadwalkan pada pada tanggal 21 Juni 2023 mendatang.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *