Connect with us

Nasional

Menhan Prabowo Hadiri Pelantikan Kepala Bakamla RI dan Kepala Badan Karantina Indonesia di Istana Negara

Menhan Prabowo Hadiri Pelantikan Kepala Bakamla RI dan Kepala Badan Karantina Indonesia di Istana Negara

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri Pelantikan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Kepala Badan Karantina Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/9).

Laksamana Madya TNI Irvansyah dilantik sebagai Kepala Bakamla RI yang baru. menggantikan Laksamana Madya TNI (Purn) Aan Kurnia dalam rangka pensiun.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melantik Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia. Sebelumnya, Sahat Manaor Panggabean menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Manajemen dan Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Badan Karantina Indonesia merupakan lembaga baru yang didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 45 Tahun 2023 Tentang Badan Karantina Indonesia. Dalam Perpres tersebut dijelaskan bahwa Badan Karantina Indonesia adalah lembaga pemerintah yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan. Adapun kedudukannya merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Aturan ini telah berlaku sejak 20 Juli 2023.

Upacara pelantikan tersebut di akhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden RI, dan Wakil Presiden RI, serta diikuti para undangan diantaranya Seskab, Menko Marves, Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, dan KSAU. (red/kp)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *