Connect with us

Internasional

Peringatan HUT ke-77 RI di Qatar Berlangsung Khidmat

Published

on

Daftar Isi

Kabarpolitik.com – Tak hanya masyarakat Indonesia di dalam negeri saja, yang memeringati HUT ke-77 RI. Perkumupulan masyarakat Indonesia di Qatar, juga turut memeringati detik-detik Dirgahayu Republik Indonesia pada hari ini.

Adapun perayaan hari kemerdekaan ini, dipusatkan di KBRI Doha. Acara ini diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibra yang beranggotakan para pelajar Indonesia di Qatar.

“Sejumlah warga Indonesia di Qatar memeringati HUT RI ke-77 dengan khidmat,” kata Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan, dalam siaran pers yang diterima Kabarpolitik.com, Rabu (17/8).

Selain upacara bendera, kata Ridwan Hassan, rangkaian peringatan HUT RI di KBRI Doha juga diisi dengan acara pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah pemenang lomba.

Sebelumnya, KBRI Doha bersama masyarakat Indonesia telah menyelenggarakan serangkaian lomba seperti Bowling, Badminton, Tennis Meja, permainan tradisional, puisi, menggambar dan video reels kemerdekaan.

Dubes RI untuk Qatar Ridwan Hassan memotong tumpeng dalam acara peringatan HUT ke-77 RI

Hubungan RI-Qatar

Qatar membuka kedutaannya di Jakarta pada November 1997, sedangkan Indonesia membuka kedutaannya di Doha pada 22 Juni 1999. Selama bertahun-tahun Indonesia dan Qatar menikmati hubungan yang baik di berbagai bidang.

“Kerjasama di bidang politik misalnya, telah diwujudkan antara lain melalui kerjasama di bidang pertahanan dan kerjasama dalam mendorong proses perdamaian di Afghanistan,” jelas Ridwan Hassan.

Di bidang ekonomi dan perdagangan imbuhnya, kedua negara juga berbagi kemitraan yang saling menguntungkan. Total perdagangan bilateral antara Qatar dan Indonesia pada tahun 2021 telah mencapai USD 893 juta. Ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar USD 217,2 juta dan impor sebesar USD 189,2 juta, sehingga Indonesia mengalami surplus USD 28 juta.

“Sedangkan untuk impor produk migas Indonesia dari Qatar sebesar USD 486,5 juta,” terang Ridwan Hassan.

Pada periode Jan-Mei 2022, total perdagangan meningkat 27,14% menjadi USD 514,5 juta dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar USD 100,6 juta, naik 51,20% dibandingkan periode yang sama.

Di bidang Sosial Budaya, kerjasama Indonesia dan Qatar memasuki babak baru dengan terpilihnya Indonesia sebagai negara mitra Qatar Year of Culture 2023. Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang terpilih sebagai negara mitra acara bergengsi tersebut.

Tahun ini Qatar adalah tuan rumah Piala Dunia dan Indonesia merupakan Presiden G-20. “Masih terbuka kesempatan yang luas bagi Indonesia dan Qatar untuk berkolaborasi di berbagai bidang” tukas Ridwan Hassan.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.