Connect with us

Daerah

Program Pemberdayaan Jadi Salah Satu Misi Pembangunan Lanosin Hamzah untuk OKU Timur

kabarpolitik.com

Published

on

Calon Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H Lanosin Hamzah ST dalam berbagai kesempatan menyampaikan misi pembangunan OKU Timur yang akan mengutamakan program pemberdayaan masyarakat.

Pria yang akrab disapa Enos ini menjelaskan, bahwa pemberdayaan masyarakat harus menyentuh semua sektor seperti sektor pertanian, perkebunan, organisasi kepemudaan dan komunitas ibu-ibu “emak-emak”. Tentu ke depan program pemberdayaan tersebut akan memperhatikan potensi masing-masing.

“UMKM misalnya, akan menjadi bagian dari program pemberdayaan ibu-ibu rumahan atau anak muda dengan menciptakan hasil karya dan produk-produk unggulan daerah,” kata Enos, usai menghadiri acara peringatan Isra Miraj di masjid Nurul Iman, Desa Mujo Rahayu, Kecamatan Semendawai Suku 3, OKU Timur, Sabtu (21/03).

Selain itu, adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru ini menegaskan, bahwa mayoritas masyarakat di OKU Timur adalah petani, maka bagaimana cara memberdayakan para petani agar mampu mengelola pertanian dengan baik dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Enos mengajak para petani agar menjadi pejuang ekonomi masyarakat. Ke depan, sambung Enos, keberadaan BUMD harus bisa mengakomodir hasil panen masyarakat sepenuhnya.

Tidak hanya itu, Enos juga menambahkan, bahwa BUMD harus melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Penyediakan bibit hingga pupuk, membeli hasil panen, dan yang pasti mengendalikan stabilitas harga hasil panen juga merupakan salah satu fungsi BUMD nanti.

“Oleh kerena itu, ke depan pemberdayaan petani sangat penting dengan didampingi para tenaga ahli untuk mengelola pertanian secara profesional,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Muhalimi, salah satu warga Desa Mujo Rahayu, Kecamatan Semendawai Suku 3 mengungkapkan rasa bahagianya atas kehadiran Enos di acara Isra Miraj di daerah tempat tinggalnya.

Muhalimi mengungkapkan, bahwa Enos merupakan sosok orang baik dan ramah. Ia berharap, ke depan Enos jika terpilih sebagai Bupati OKU Timur agar lebih memperhatikan para petani karet, seperti harga jual karet dari petani ke tengkulak masih terlalu murah.

“Kami mendukung gagasan Pak Enos terkait permberdayaan petani seperti kita ini. Dan dengan adanya peran utama BUMD ke depan, semoga BUMD bisa memberikan solusi atas problem harga karet di OKU Timur. Kami pasti mendukung Enos di Pilbup mendatang,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *