Connect with us

Politik

Muhammad Rudi Kalahkan Ansar Ahmad di Survei LSI, Pengamat: Ada Harapan Besar Perubahan Kepemimpinan di Kepri

Berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 24 Juni – 3 Juli 2024, elektabilitas Haji Muhammad Rudi (HMR) mengungguli pesaingnya Ansar Ahmad sebagai kandidat Calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) 2024. Dari simulasi tujuh nama, HMR memperoleh suara 43,1%, Ansar 41,2% dan nama-nama lain di bawah 3%.

 

Peneliti Stratak Indonesia, Saiful Bahri mengaku tak terkejut dengan perolehan hasil survei LSI tersebut. Pasalnya berdasarkan suara-suara yang berkembang di media sosial maupun lapangan, ada keinginan besar dari masyarakat untuk perubahan kepemimpinan di Kepri.

 

“Saya jujur tidak terkejut. Kalau kita keliling ke berbagai wilayah di Kepri, maka suara-suara yang muncul memang kebanyakan berharap ada pergantian pucuk pimpinan di Kepri. Banyak yang menilai Ansar kurang berhasil menjalankan tugasnya sebagai gubernur selama 5 tahun memimpin,” kata Saiful saat dimintai tanggapannya pada Minggu (07/07/2024).

 

Terlebih menurut Saiful saat banyak orang kecewa dengan kepemimpinan Ansar, muncul sosok HMR yang dianggap sukses besar memimpin Batam. Maka masyarakat tidak ragu lagi untuk mengarahkan dukungan kepadanya dengan harapan seluruh daerah di Kepri maju layaknya Batam.

 

“Saya melihatnya sederhana, orang-orang di Kepri sekarang sangat kagum dengan kepemimpinan Rudi. Beliau membawa kemajuan yang luar biasa di Batam. Maka sangat wajar jika Rudi saat ini sangat diharapkan melanjutkan kerja suksesnya di Kepri,” ujarnya.

 

Saiful menambahkan dengan tingginya elektabilitas HMR saat ini sulit bagi Ansar untuk kembali mengunggulinya. Ia justru memprediksi suara HMR akan terus melejit, sementara Ansar terus terjun bebas.

 

“Sepertinya sulit ya untuk suara Rudi turun lagi. Beliau belum menjabat aja sudah di atas. Sementara Ansar sebagai petahana sudah di bawahnya. Ini jarang terjadi di daerah lain. Jika tidak ada gebrakan yang luar biasa dari Ansar, rasa-rasanya sulit untuk mengejar Rudi. Karena suara Rudi sepertinya akan terus menanjak,” pungkasnya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *