Connect with us

Pemerintahan

Topang Peran TNI AL di Sektor Maritim, Wapres Minta Taruna Taruni AAL Perkuat Dedikasi, Loyalitas dan Kinerja

Published

on

Surabaya, Kabarpolitik.com โ€“ Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, pemerintah bertekad menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, yang menjadi basis bagi visi Indonesia Emas 2045. TNI AL menjadi perangkat negara yang sangat vital dalam mewujudkan visi ini. Namun dalam pelaksanaannya tidaklah mudah, karena banyak tantangan yang dihadapi, baik nasional maupun global.

Untuk itu, sebagai calon pemimpin, para Taruna dan Taruni diharapkan dapat menopang peran vital TNI AL tersebut.

โ€œPara Taruna dan Taruni AL adalah calon-calon pemimpin yang turut menentukan masa depan bangsa kita. Oleh sebab itu, perkuat dedikasi, loyalitas, dan kinerja untuk menyangga peran dan fungsi TNI AL,โ€ tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maโ€™ruf Amin saat memberikan Kuliah Umum di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Senin (06/02/2023).

Lebih jauh, menghadapi perkembangan dunia yang sangat cepat dan dinamis, Wapres meminta untuk menyikapinya dengan terbuka dan bijak.

โ€œSelain itu, Taruna dan Taruni juga harus terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan, baik terkait isu-isu nasional maupun global, khususnya yang menyangkut isu kemaritiman,โ€ pinta Wapres.

Terkait karier individu, Wapres berpesan untuk selalu menjaga integritas di semua jenjang penugasan.

โ€œJagalah selalu sikap rendah hati, tawadhu, dan dekat dengan rakyat. Ke-tawadhu-an ini mesti tercermin dalam setiap tugas maupun sikap hidup, antara lain diwujudkan dalam gaya hidup sederhana. Sikap tawadhu merupakan perwujudan keimanan kita,โ€ pesannya.

Dalam upaya meningkatkan iman ini, Wapres mengimbau untuk mencintai tanah air, karena merupakan bagian dari iman, hubbul wathon minal iman.

โ€œKita menunjukkan kecintaan kepada bangsa dan negara dalam berbagai bentuk, antara lain dengan kerja nyata dalam mempersiapkan masa depan bangsa yang gemilang,โ€ ujarnya.

Terakhir, untuk menentukan masa depan militer, Wapres berharap, para Taruna dan Taruni menguasai teknologi dan kecerdasan buatan.

โ€œSaya harap semakin banyak prajurit kita yang menguasai bidang ini,โ€ tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan penghargaan kepada Panglima TNI, Kepala Staf AL, Gubernur AAL, serta para Taruna AAL.

โ€œSaya minta selenggarakan pendidikan yang terbaik bagi Taruna AAL kita, demi mencetak Prajurit TNI AL yang cakap, tanggap, tanggon dan trengginas,โ€ pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur AAL Laksamana Muda Denih Hendarta menyampaikan apresiasi kepada Wapres atas kesediannya memberikan Kuliah Umum kepada Taruna dan Taruni AAL.

โ€œMerupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri buat kami keluarga besar Akademi Angkatan Laut atas kesediaan hadir memenuhi undangan kami,โ€ tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Muhammad Ali, dan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja dan Farhat Brachma. (SK-BPMI, Setwapres)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *