Connect with us

Nasional

Transportasi dari Bandara Juanda Menuju Kota Malang, Anti Kesasar

Published

on

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat bepergian ke luar kota adalah sistem transportasi dari bandara atau stasiun tempat Anda mendarat menuju daerah tujuan. Di berbagai kota besar di Indonesia umumnya transportasi umum sangat mudah diakses, sebagai contoh Damri bandara. Perusahaan  transportasi milik negara ini melayani angkutan penumpang dari bandara menuju terminal hingga stasiun kereta api di berbagai kota di Indonesia.

Nah, bagi Anda yang hendak bepergian ke kota Malang dan memutuskan melakukan perjalanan darat dari bandara Juanda menuju Kota Apel, ada baiknya mempersiapkan informasi aneka transportasi yang bisa diakses terlebih dahulu. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa Anda pilih untuk menunjang kenyamanan selama dalam perjalanan lho. Supaya tidak bingung, kita simak informasinya berikut ini.

 

1.   Bus DAMRI dari Bandara Juanda ke Terminal Purabaya

Apabila Anda ingin bepergian ke kota Malang menggunakan bus, maka pilihan transportasi pertama yang bisa Anda pilih adalah bus Damri bandara. Ada tiga pilihan jurusan bus Damri yang tersedia di bandara Juanda. Yang pertama adalah bandara Juanda – terminal Purabaya, kemudian bandara Juanda – terminal Tanjung Perak, serta jurusan bandara Juanda – terminal Bunder Gresik.

Bagi Anda yang ingin menggunakan bus ke kota Malang, maka jurusan yang harus Anda ambil adalah bandara Juanda – terminal Purabaya. Anda akan dikenakan biaya Rp 25 ribu rupiah untuk tiket sekali perjalanan menggunakan Damri bandara. Silakan menuju loket bus Damri yang terletak di depan gerbang penerbangan untuk membeli tiket bus tersebut.

Damri bandara Juanda sendiri melayani penumpang mulai pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam. Bus akan berangkat setiap satu jam sekali. Adapun waktu tempuh dari bandara Juanda menuju terminal Purabaya kurang lebih 35-40 menit, tidak terlalu lama.

Setelah sampai di terminal Purabaya, Anda bisa naik bus jurusan terminal Arjosari atau terminal Gadang yang ada di kota Malang. Tersedia bus eksekutif dan tarif ekonomi menuju kota Malang. Lajur kendaraan yang rapi di terminal Purabaya dijamin membuat Anda mudah menemukan bus menuju kota Malang.

 

2.   Taksi Bandara ke Terminal Purabaya atau Stasiun Kereta Api

Pilihan transportasi kedua yang bisa Anda ambil untuk menuju kota Malang adalah menggunakan taksi bandara. Dengan menggunakan taksi Anda tidak hanya bisa langsung menuju kota Malang, Anda juga bisa menuju terminal Purabaya dan stasiun kereta api terdekat untuk menuju kota Apel menggunakan kereta. Setelah sampai di bandara Juanda, Anda bisa segera memesan taksi bandara di depan gerbang terminal kedatangan. Taksi yang beroperasi di sini kebanyakan menggunakan sistem zona atau argo.

Apabila Anda ingin melanjutkan perjalanan dengan kereta, stasiun kereta api terdekat adalah stasiun Gedangan dan stasiun Sidoarjo. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai di stasiun Gedangan menggunakan taksi. Dari stasiun tersebut, Anda bisa naik kereta menuju kota Malang dengan waktu kurang lebih dua jam saja. Kereta Api yang melayani rute Surabaya – Malang antara lain kereta api Jayabaya, Dhoho dan Penataran.

 

3.   Travel Bandara Surabaya – Malang

Transportasi nyaman lainnya yang bisa Anda coba untuk menunjang kelancaran bepergian dari bandara Juanda menuju kota Malang adalah jasa travel bandara Surabaya – Malang. Ada banyak travel bandara terkemuka yang bisa Anda pilih. Biasanya Anda harus memesan jasa travel ini sebelum tiba di bandara Juanda supaya Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan tempat duduk di dalam jasa angkutan.

Travel bandara dari Surabaya menuju Malang ini tarifnya bervariasi. Saat ini tarif termurah dari bandara Juanda menuju kota Malang ada di kisaran Rp 120 ribu untuk sekali perjalanan. Anda bisa membayar biaya perjalanan ini langsung kepada sopir. Setelah menerima pembayaran dari Anda, sopir akan memberikan bukti pembayaran perjalanan berupa kuitansi.

Untuk menggunakan jasa travel bandara ini, setelah turun dari penerbangan Anda akan diminta menuju area penjemputan menggunakan SMS atau chat messenger. Petugas kemudian akan memeriksa data Anda dan memberitahu jenis mobil yang dipakai, tempat duduk, harga tiket, serta konfirmasi tujuan Anda di kota Malang. Jasa travel bandara ini bisa mengantarkan Anda sampai ke depan pintu tempat tujuan.

 

4.   Sewa Mobil

Pilihan terakhir yang bisa Anda pertimbangkan untuk memudahkan mobilisasi dari bandara Juanda menuju kota Malang adalah rental mobil. Layanan antar jemput bandara hingga sewa mobil untuk keperluan sehari-hari ini bisa Anda lakukan secara online menggunakan aplikasi Traveloka. Keunggulan dari sistem antar jemput online ini adalah harga yang sudah final tanpa ada biaya lain-lain yang biasanya dikenakan tanpa sepengetahuan penumpang.

Anda bahkan juga bisa memesan tiket penerbangan seperti Batik Air untuk perjalanan pulang menggunakan aplikasi ini. Bepergian pun jadi lebih nyaman, tenang, dan pastinya tidak kesasar setelah mengetahui jadwal, fasilitas, dan harganya dengan tepat. Beberapa jenis mobil yang ditawarkan untuk disewa antara lain Avanza, Xenia, dan Innova. Apabila Anda datang ke kota Malang dalam rombongan besar, bisa juga mempertimbangkan untuk menyewa minibus hingga mobil Elf.

 

Itu dia aneka pilihan transportasi dari bandara Juanda menuju kota Malang yang bisa Anda pergunakan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda mempersiapkan itinerary bepergian dengan lebih baik. Selamat bepergian dan pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan. (kp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *