Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [PENIPUAN] AKUN FACEBOOK MENJUAL APPLE WATCH

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, narasi penjualan seperti ini memiliki indikasi jelas sebagai bentuk penipuan. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya jenis barang seperti yang ditawarkan pada narasi tersebut, juga klaim tentang cabang pertama yang menjual Apple Watch di Jakarta yang keliru.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1718964270.62666/index.html (Facebook)
https://archive.cob.web.id/archive/1718964469.011052/index.html (URL)

=====
[NARASI]:

“Mohon maaf kepada seluruh warga Indonesia yang kemarin membeli jam tangan Ultra Watch dengan harga 999 ribu.
:saluting_face: Saya 𝐘𝐮𝐝𝐢𝐬𝐭 𝐀𝐫𝐝𝐡𝐚𝐧𝐚, perwakilan dari merek jam tangan impor terkenal dari Amerika ini di Indonesia. Atas nama perusahaan, saya meminta maaf kepada kalian yang membeli jam tangan seharga 999rb kemarin. Karena hari ini cabang pertama dibuka di Jakarta dengan diskon 70% menjadi hanya 299 ribu. Kalian bisa memesan di situs resmi:
https://www.ibox-indonesia[dot]shop/s8.ultra
(Khusus, semua pesanan jam tangan Amerika mendapatkan pengiriman gratis dan garansi 5 tahun.)
Ini adalah jam tangan pintar tercanggih di dunia saat ini, diimpor 100% dari Amerika :us:. Keunggulannya adalah layar OLED yang sangat tipis dan tajam. Kaca safir dan bingkai titanium membuat Ultra Watch memenuhi standar terbaru untuk ketahanan terhadap benturan dan air. Ultra Watch memiliki fungsi lengkap untuk semua aplikasi seperti menelepon, mengirim pesan, mendengarkan musik, menonton film, dan menerima notifikasi. Saya bisa menggunakan Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan bermain game langsung di jam tangan ini. :hugging_face: Khususnya, jam tangan ini memiliki fungsi pengukur detak jantung, tekanan darah, dan kadar oksigen dalam darah (SPO2) yang sangat berguna untuk kesehatan pengguna. Mode olahraga terintegrasi dengan 200 jenis olahraga yang berbeda, mudah digunakan dan diukur dengan akurat berkat sensor di bagian bawah jam tangan. Daya tahan baterai hingga 72 jam tanpa perlu diisi ulang.
:bouquet:Hari ini pembukaan cabang baru di Jakarta
Ini adalah kesempatan besar untuk memiliki jam tangan modern dengan harga murah. Pesan sekarang. Setelah promosi berakhir, harga akan kembali ke harga awal yaitu 999 ribu. Berikut link pembelian bagi yang ingin membeli:
https://www[dot]ibox-indonesia[dot]shop/s8.ultra”

=====
[PENJELASAN]:

Terdapat sebuah akun di media sosial Facebook, yang menyebut dirinya sebagai perwakilan sebuah merek jam tangan terkenal dari Amerika Serikat, yaitu Apple Watch. Akun dengan nama Yudhist Ardhana ini menuliskan sebuah narasi panjang yang berisi ajakan untuk membeli jam pintar berjenis Smart Watch 8 Ultra dengan harga murah yaitu Rp229 ribu, dengan melakukan pemesanan  melalui sebuah tautan khusus https://www[dot]ibox-indonesia[dot]shop/s8.ultra. Harga ini disebutkan sebagai harga diskon dalam rangka pembukaan cabang pertama di Jakarta. Lalu apakah benar, bahwa Apple Watch telah membuka cabang baru di Jakarta dengan harga penjualan unit senilai Rp229 ribu?

Setelah melakukan pemeriksaan pada narasi tersebut, diketahui ternyata narasi tersebut terindikasi sebagai penipuan akibat beberapa kejanggalan yang terdapat di dalamnya. Pertama, produk Apple Watch dengan jenis Smart Watch 8 Ultra. Setelah melakukan pengecekan melalui laman resmi milik Apple, tidak ditemukan spesifikasi jam tangan seperti yang disebutkan di dalam narasi tersebut. Saat ini Apple memiliki 4 jenis smart watch yaitu: Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, Apple Watch SE, dan Apple Watch Nike. Jika melihat dari tautan yang terdapat di dalam narasi tersebut, terlihat bahwa spesifikasi smart watch yang dimaksud adalah Apple Watch Ultra 2, bukan Smart Watch 8 Ultra.

Kedua, pembukaan cabang pertama untuk penjualan Apple Watch di Jakarta. Melansir dari halaman resmi Apple, diketahui bahwa telah terdapat 96 lokasi yang dapat dikunjungi oleh pembeli yang ingin membeli Apple Watch secara langsung. Lokasi tersebut terdiri dari toko-toko resmi yang bekerjasama dengan Apple, seperti iBox, Erafone, Digimap, Hello dan Story-i.

Jadi dapat disimpulkan, akun Facebook yang berisi narasi ajakan membeli Apple Watch dengan klaim bahwa dirinya ada perwakilan penjualan Apple Watch di Indonesia, merupakan penipuan. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai fabricated content atau konten palsu.

=====
[REFERENSI]:

https://support.apple.com/id-id/111852

https://locate.apple.com/id/id/sales?pt=6&lat=-6.212922096252441&lon=106.84872436523438&address=Daerah+Khusus+Ibukota+Jakarta

=====
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0eehxf2MUbU4UTKq9P2YYgiLzJ6GRGHQ4Fkh617iNv56BqWHn7sksipaonUQYR8HYl&id=61560546887759&rdid=rwy2X0hnJtX8C3Sn
https://www.ibox-indonesia.shop/s8.ultra

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *