Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [PENIPUAN] APK Voice Note di WhatsApp

Hasil periksa fakta Agnes A

Upaya penipuan. File yang dikirimkan merupakan ekstensi file APK yang dapat berisi malware dan upaya peretasan perangkat.

=====

[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====

[SUMBER]: WhatsApp

=====

[NARASI]:

“pesan suara
(0.46) APK”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar pesan di media sosial WhatsApp berupa pesan suara/voice note. Namun jika diperhatikan, pesan tersebut tidak berisi pesan suara melainkan memiliki keterangan ekstensi APK (Android Package Kit).

Penipuan menggunakan APK sebelumnya beredar dengan berbagai modus, mulai dari undangan pernikahan, surat e-tilang, dan surat panggilan kepolisian.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjelaskan, dalam kasus penipuan bermodus file APK, penyerang berupaya mengirimkan sebuah program jahat (malware) untuk diinstal di handphone korban.

Android Package Kit (APK) sendiri sebenarnya adalah format file yang digunakan untuk menghimpun berbagai macam elemen guna memasang aplikasi pada android. Setelah itu, pelaku akan mencuri data maupun mengambil alih kendali perangkat korban.

Aplikasi ini digolongkan dalam kategori berbahaya yang memungkinkan untuk meminta akses melakukan aktivitas-aktivitas yang mengarah ke data-data pribadi pemiliknya. Penipuan ini biasanya dilakukan melalui chat dengan niat untuk mengambil data pribadi korbannya.

Salah satu ciri dari penipuan dengan modus file APK ini adalah adanya nomor pengirim tidak dikenal dan meminta untuk mengunduh file dengan format APK. Perlu diperhatikan, ciri dari format pesannya adalah adanya tulisan APK atau .apk pada akhir nama file.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *