Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [PENIPUAN] Surat Undangan Permohonan Bantuan Oleh Pemkot Kendari

Hasil periksa fakta Rahmah.

Kadis Kominfo Kota Kendari, Dr. Nismawati mengimbau masyarakat tidak mempercayai surat palsu tersebut.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: Flyer
https://archive.is/WRPDL

===
NARASI:
”Berdasarkan Surat Keputusan PJ Walikota Kendari Nomor 1109 Tahun 2024 Tentang Penanganan Bencana Alam Tahun 2024. Maka Pemerintah Kota Kendari Mengadakan Pengerukan Kali Se-Kota Kendari Dan Kebersihan, Talut Kali, Selokan got, Penanganan Bencana Banjir, Di Wilayah Se-Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Yang Akan Di Laksanakan Pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 20-23 Juni 2024
Tempat : Se-Kecamatan Mandonga & Kambu
Waktu : 15.00 WITA – Selesai
Maka Pemerintah Kota Kendari Mengundang PIMPINAN WARKOP HAJI ANTO. Untuk Berpatisipasi Meyumbang Dana Seiklasnya. Dan dikirim Rekening Bendahara Dinas Perumahan Kota Kendari Nomor Rekening BRI 739401020608539 Atas Nama Sukriani, S.E.,M.M”

===
PENJELASAN:
Artikel disadur dari Radar Kendari.

Belum lama ini beredar surat undangan permohonan bantuan dana yang ditujukan kepada salah satu pelaku usaha warung kopi di Kota Kendari berkop surat Pemkot Kendari dan Dinas Perumahan dan Tata Ruang Kota. Isi surat tersebut meminta pelaku usaha memberikan sumbangan terkait program pengerukan kali se-Kota Kendari yang dilaksanakan pada 20-23 Juni 2024. Tercantum nomor rekening atas nama Sukriani bendahara Dinas Perumahan.

Kadis Kominfo Kota Kendari Nismawati menyatakan surat tersebut palsu. Dilansir dari radarkendari.com, ia meminta masyarakat khususnya pelaku usaha berhati-hati dan tidak mudah percaya terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pemkot Kendari yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Surat serupa pernah dibahas di laman turnbackhoax dengan isi yang sama pada bulan Maret 2024 “[SALAH] Surat Permohonan Bantuan Dana Oleh Pemkot Kendari”. Modus yang digunakan pun sama namun korban yang dituju adalah perseroan terbatas. Dengan demikian surat undangan permohonan bantuan mengatasnamakan Pemkot Kendari merupakan konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://radarkendari.com/kadis-kominfo-kendari-minta-pengusaha-tak-percaya-surat-palsu-mengatasnamakan-pemkot/

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *