Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Akun Facebook Bupati Purbalingga Meminta Uang dan Pulsa

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Dinas Kominfo Purbalingga telah menegaskan bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi hanya menggunakan akun Facebook resmi dengan nama pengguna Dyah Hayuning Pratiwi ( https://www.facebook.com/dyah.h.pratiwi.5 ) serta akun Instagram resmi dengan nama pengguna dyahhayuningpratiwi.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/uKxlx

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun Facebook Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, dengan nama pengguna ‘Dyah Hayuning Pratiwi’ ( https://www.facebook.com/dyahhayuning.pratiwi.52 ). Akun tersebut melakukan komunikasi melalui fitur Messenger kepada beberapa orang serta meminta untuk dikirimi uang dan pulsa.

Dinas Kominfo Purbalingga telah menegaskan bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi hanya menggunakan akun Facebook resmi dengan nama pengguna Dyah Hayuning Pratiwi ( https://www.facebook.com/dyah.h.pratiwi.5 ) serta akun Instagram resmi dengan nama pengguna dyahhayuningpratiwi. Melansir dari Tribun Jateng, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Purbalingga, Budi Santosa, menyatakan bahwa ini adalah kali kedua keberadaan akun Facebook palsu yang mencatut nama Bupati Purbalingga. Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati.

Dengan demikian, akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CJ70k1ZnT40/
https://www.facebook.com/dinkominfopbg/posts/3211850545708402
https://jateng.tribunnews.com/2021/01/12/bupati-purbalingga-pinjam-uang-dan-minta-pulsa-lewat-facebook-ini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *