Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Anggota TNI Dibakar OPM Bersama Dengan Mobilnya

Periksa Fakta Vania. 
Menyesatkan. Faktanya, korban yang ditembak dan dibakar oleh OPM merupakan warga sipil dan bukan merupakan anggota TNI.
=====    

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://archive.ph/SnbuU
=====    

Narasi   
Seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Rusli yang dibakar dengan mobilnya kemarin tanggal 11 Juni 2024 di Kopo, Paniai,west Papua.. 
Berikut identitasnya:

=====   

Penjelasan:   
Akun twitter @revolutions1977 telah mengunggah beberapa foto yang diklaim merupakan foto anggota TNI AD Rusli yang telah dibakar oleh anggota OPM bersama dengan mobilnya pada 11 Juni 2024. Postingan tersebut telah dilihat oleh 101 ribu penayangan di twitter. 

Setelah dilakukan penelusuran, Kepala Penerangan Kodam atau Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan menyebut Rusli berusia 40 tahun korban tembak mati kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – TPNPB di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah bukan prajurit TNI AD, tetapi murni warga sipil. 

Dilansir dalam detik.news, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Kristomei Sianturi, mengatakan yang menjadi korban penembakan dan pembakaran secara keji oleh OPM sesungguhnya adalah benar seorang warga masyarakat biasa bernama Daeng Rusli asal Makassar. Korban sehari-hari bekerja sebagai sopir taksi. Dalam akun twitter resmi TNI AD @tni_ad Serka Rusli telah membuat video bahwa dirinya masih hidup dan dalam keadaan yang sehat serta masih berdinas di Yonif 753/AVT.

Saat ini, jenazah Rusli yang merupakan warga sipil tersebut akan dimakamkan di Bulusibatang, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan kampung halaman korban.

=====     

Referensi:    
https://x.com/tni_ad/status/1801596526092759372?s=46
https://news.detik.com/berita/d-7392256/bantah-hoax-opm-soal-kematian-dirinya-serka-rusli-saya-masih-hidup
https://jubi.id/polhukam/2024/kapendam-xvii-cenderawasih-rusli-bukan-prajurit-tni-ad/

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *